Repository Universitas Andalas

ANALISA PENDAPATAN USAHA PEMBIBITAN SAPI SIMENTAL (Studi Kasus: Simental Breeding Farm Roni Eka Satria di Nagari Lubuak Batingkok Kecamatan Harau Kabupaten Lima Puluh Kota)

Nuryelliza, Nuryelliza (2008) ANALISA PENDAPATAN USAHA PEMBIBITAN SAPI SIMENTAL (Studi Kasus: Simental Breeding Farm Roni Eka Satria di Nagari Lubuak Batingkok Kecamatan Harau Kabupaten Lima Puluh Kota). Other thesis, Fakultas Peternakan..

[img]
Preview
PDF (ANALISA PENDAPATAN USAHA PEMBIBITAN SAPI SIMENTAL (Studi Kasus: Simental Breeding Farm Roni Eka Satria di Nagari Lubuak Batingkok Kecamatan Harau Kabupaten Lima Puluh Kota)) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (352Kb) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan pada Simental Breeding Farm milik Bapak Roni Eka Satria di Nagari Lubuak Batingkok Kecamatan Harau Kabupaten Lima Puluh Kota mulai tanggal 8 September - 8 Oktober 2008. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan aspek teknis pada Simental Breeding Farm serta untuk mengetahui pendapatan yang diterima dari usaha pembibitan sapi simental ini. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode studi kasus. Data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh melalui pengamatan langsung di lapangan dan melalui wawancara dengan petemak, data primer antara lain berupa catatan keuangan serta gambaran umum dan keterangan yang jelas tentang aspek teknis usaha tersebut sedangkan data sekunder bersumber dari instansi-instansi pemerintah yarg terkait dengan penelitian ini. Ada dua metode analisis yang digunakan yaitu penerapan aspek teknis dianalisa secara deskriptif kuatitatil sedangkan pendapatan yang diperoleh dianalisa secara kuantitatif. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa penerapan aspek teknis yang dilaksanakan oleh Simental Breeding Farm yang dilihat dari penguasaan dalam penerapan aspek teknis sudah cukup baik, hal ini dapat dilihat dari penguasaan dalam penerapan aspek bibit, pakan, tatalaksana pemeliharaan, perkandangan serta kesehatan/penyakit. Untuk Efisiensi reproduksi Simental Breeding Farm, nilai NR diperoleh 72,22%, untuk nilai CR diperoleh 72,22%, untuk nilai S/C diperoleh 1,76 danuntuk Calving Rate diperoleh 94,44%. Analisa terhadap aspek ekonomis pada Simental Breeding Farm dalam satu tahun pemeliharaan diperoleh biaya produksi sebesar Rp. 91.952.450,- dan penerimaan sebesar Rp. 241.060.000,-. Dari hasil tersebut didapatkan pendapatan bersih sebesar Rp. 149.107.550,- dan R/C ratio 2,62. Hal ini menunjukkan bahwa usaha ini mengalami keuntungan, dan karena R/C > I maka usaha ini layak untuk diteruskan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Unit atau Lembaga: Fakultas Perternakan > Produksi Ternak
Depositing User: KREATIF zulka hendri
Date Deposited: 05 Apr 2011 01:47
Last Modified: 06 Oct 2011 07:51
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/10006

Actions (login required)

View Item View Item