Repository Universitas Andalas

PEMBERIAN KREDIT DENGAN JAMINAN RESI GUDANG (Study pada PT. BANK EKSPOR INDONESIA (Persero) Jakarta

Analia, Rizka (2008) PEMBERIAN KREDIT DENGAN JAMINAN RESI GUDANG (Study pada PT. BANK EKSPOR INDONESIA (Persero) Jakarta. Other thesis, Fakultas Hukum.

[img]
Preview
PDF (PEMBERIAN KREDIT DENGAN JAMINAN RESI GUDANG (Study pada PT. BANK EKSPOR INDONESIA (Persero) Jakarta) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (342Kb) | Preview

Abstract

Pembiayaan bagi usaha kecil dan menengah masih memiliki keterbatasan akses, hal ini disebabkan adanya ketentuan syarat fixed assets yang harus disertakan sebagai agunan dalam permohonan kredit. Dengan lahirnya Undang-undang Nomor 9 tahun 2006 tentang Sistem Resi Gudang, pengusaha kecil yang bergerak di bidang pertanian yang menghasilkan barang-barang atau komoditi dapat memiliki akses untuk mendapatkan kredit dengan jaminan Resi Gudang dengan menggunakan komoditi tersebut sebagai jaminan. Penelitian ini antara lain meninjau tentang benda apa saja yang dijadikan jaminan kredit dengan jaminan Resi Gudang, pada PT. BANK EKSPOR INDONESIA (Persero) Jakarta dan prosedur dalam pemberian, kreditnya, pelaksanaan hak dan kewajiban para pihak pada kredit dengan jaminan Resi Gudang ini, serta proses pembayaran kredit dengan jaminan Resi Gudang ini dan upaya yang dilakukan oleh bank jika debitur wanprestasi. Metode penelitian yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode penelitian yuridis sosiologis yang merupakan metode pendekatan masalah dengan menekankan pada norma hukum yang ada dan menghubungkannya dengan kenyataan di lapangan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: K Law > K Law (General)
Unit atau Lembaga: Fakultas Hukum > Hukum
Depositing User: SSi Santi Ariningsih
Date Deposited: 05 Apr 2011 01:47
Last Modified: 05 Oct 2011 07:22
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/10016

Actions (login required)

View Item View Item