Repository Universitas Andalas

PERANAN PENYULUH DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PETERNAK ITIK DI KECAMATAN X KOTO SINGKARAK KABUPATEN SOLOK

Selvianti, Selvianti (2008) PERANAN PENYULUH DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PETERNAK ITIK DI KECAMATAN X KOTO SINGKARAK KABUPATEN SOLOK. Other thesis, Fakultas Peternakan..

[img]
Preview
PDF (PERANAN PENYULUH DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PETERNAK ITIK DI KECAMATAN X KOTO SINGKARAK KABUPATEN SOLOK) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (522Kb) | Preview

Abstract

Penelitan ini dilakukan di Kecamatan X Koto Singkarak Kabupaten Solok, Dinas Peternakan Kabupaten Solok dan uprD wilayah I Kecamatan X Koto Singkarak, mulai tanggal I sampai 30 September 2009. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui proses penyuluhan terhadap peningkatan kualitas peternak itik dan untuk mengetahui peran penyuluhan tehadap peningkatan kualitas peternak itik. Metode penelitian ini adalah Survey yang dibantu dengan pengumpulan data dilakukan dengan wawancara yang dipandu dengan kuisioner. Metoda yang digunakan yaitu metoda kelompok yang dilakukan 3 kali dalam 1 bulan, media yang digunakan yaitu media lisan dan media cetak, materi yang diberikan tentang peningkatan manajemen produksi serta waktu dan tempat penyuluhan ditenhrkan oleh peternak. Hasil penelitian menunjukan peranan penyuluh dalam meningkatkan kualitas peternak itik dilihat dari materi yang disampaikan kepada peternak sebelum dan sesudah dilakukan penyuluhan. Sebelum dilakukan penyuluhan kemampuan peternak dalam memilih bibit yang baik 47,27%, pemilihan pakan 47,27%, tatalaksana pemeliharaan 44,4%, dan kesehatan dan pencegahan penyakit 43,73%. setelah dilakukan penyuluhan mengalami peningkatan sekitar 20 % yaitu pada pemilihan bibit yang unik 60,73% pemilihan pakan 60,26%, tatalaksana pemeliharaan 70,75% serta kesehatan dan pencegahan penyakit 70,90%. Hal ini menunjukan adanya tanggapan dan pengaruh yang positif dilakukannya penyuluhan dilihat dari adanya peningkatan setelah dilakukan penyuluhan sehingga adanya peranan penyuluh dalam-meningkatkan kualitas peternak.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Unit atau Lembaga: Fakultas Perternakan > Produksi Ternak
Depositing User: KREATIF zulka hendri
Date Deposited: 05 Apr 2011 01:53
Last Modified: 10 Oct 2011 04:45
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/10020

Actions (login required)

View Item View Item