Repository Universitas Andalas

PERANAN YAYASAN LEMBAGA KONSUMEN INDONESIA (YLKI) DALAM MENINGKATKAN PERLINDUNGAN KONSUMEN DI SUMATERA BARAT

Roza, Fitra Adhya (2008) PERANAN YAYASAN LEMBAGA KONSUMEN INDONESIA (YLKI) DALAM MENINGKATKAN PERLINDUNGAN KONSUMEN DI SUMATERA BARAT. Other thesis, Fakultas Hukum.

[img]
Preview
PDF (PERANAN YAYASAN LEMBAGA KONSUMEN INDONESIA (YLKI) DALAM MENINGKATKAN PERLINDUNGAN KONSUMEN DI SUMATERA BARAT) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (554Kb) | Preview

Abstract

Dalam Undang-Undang Perlindungan Konsumen, mengatur tentang Lembaga-lembaga Perlindungan Konsumen. Salah satunya adalah lembaga non pemerintah LPKSM, diatur dalam Pasal 44 UUPK yang diatur lebih lanjut dalam Peraturan Pemerintah Nomor 59 Tahun 2001 tentang Lembaga Perlindungan Konsumen Swadaya Masyarakat (LPKSM). Salah satu LPKSM yang sangat terkenal di Indonesia adalah YLKI. YLKI telah terbukti mampu berperan aktif menyuarakan dan membela kepentingan konsumen. YLKI merupakan lembaga tempat konsumen mengadu apabila haknya telah dilanggar. Permasalahan yang akan dibahas dalam penelitian ini adalah bagaimana peranan YLKI dalam meningkatkan perlindungan konsumen Di Sumatera Barat sehingga Perlindunagn Konsumen itu dapat benar-benar tercipta dengan baik dan kendala-kendala apa yang dihadapi oleh YLKI Sumbar dalam melakukan kegiatannya dan upaya penyelesaiannya. Penelitian ini bersifat Yuridis Sosiologis, dimana pokok pembahasan dititikberatkan kepada peraturan per Undang-undangan yang berlaku dengan membandingkan antara ketentuan ketentuan PerUUan yang ada dengan pelaksanaannya dilapangan atau fakta yang ada dilapangan berdasarkan alat ukur pengumpulan data yang berbentuk wawancara dengan pihak yang terkait dan studi dokumen dari penelitian yang telah dilaksanakan. Hasil penelitian ini adalah YLKI Sumbar telah berperan aktif dalam melaksanakan perlindungan konsumen di Sumaterabarat, hal ini dapat dilihat dari banyaknya kasus-kasus yang telah di selesaikan oleh YLKI dan program-program kerja dari YLKI yang semuanya sangat berhubungan dengan konsumen. YLKI telah banyak melakukan kegiatan-kegiatan untuk memperkenalkan apa itu perlindungan konsumen dan hak konsumen agar tidak selalu ditipu oleh para pelaku usaha. Dalam melaksanakan program kerjanya YLKI tidak terlepas dari kendala-kendala antara lain kurangnya pengetahuan masyarakat tentang perlindungan konsumen, banyaknya konsumen yang masih membiarkan apabila terjadi pelanggaran terhadap haknya, pemerintah yang masih kurang melakukan pengawasan dan YLKI yang sampai saat ini masih belum memiliki kantor yang tetap. Untuk itu YLKI sendiri telah berupaya melakukan upaya-upaya penyelesaian seperti melakukan kerjasama dengan pihak-pihak terkait maupun dengan pemerintah agar kegiatannya dapat berjalan dengan baik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: K Law > K Law (General)
Unit atau Lembaga: Fakultas Hukum > Hukum
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 05 Apr 2011 01:52
Last Modified: 12 Oct 2011 03:36
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/10038

Actions (login required)

View Item View Item