Repository Universitas Andalas

Upaya Perlindungan Hukum Terhadap Konsumen Pengguna Jasa Seluler Kartu Prabayar Pada PT. Telkomsel Cabang Padang

Lestari, Wulan Indah (2008) Upaya Perlindungan Hukum Terhadap Konsumen Pengguna Jasa Seluler Kartu Prabayar Pada PT. Telkomsel Cabang Padang. Other thesis, Fakultas Hukum.

[img]
Preview
PDF (Upaya Perlindungan Hukum Terhadap Konsumen Pengguna Jasa Seluler Kartu Prabayar Pada PT. Telkomsel Cabang Padang) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (388Kb) | Preview

Abstract

Telekomunikasi merupakan sarana yang sangat penting dalam kehidupan manusia. Dengan berkomunikasi akan menciptakan kesepakatan dari pihak-pihak yang melakukan komunikasi tersebut. Namun persaingan yang dilakukan oleh penyelenggara telekomunikasi untuk mendapatkan pelanggan yang banyak, ada kalanya merugikan konsumen dengan melanggar hak-hak yang dimiliki oleh konsumen. Kualitas pelayanan tampaknya belum menjadi sasaran utama bagi operator layanan seluler Indonesia, karena maraknya pengaduan terhadap layanan penyelenggara telekomunikasi yang telah menimbulkan beragam opini dari masyarakat. Beranjak dari hal tersebut, maka perumusan masalahnya adalah, pertama bagaimana lahirnya perjanjian antara konsumen pengguna jasa seluler dengan penyelenggara telekomunikasi dalam upaya perlindungan hukum terhadap konsumen, kedua apa saja hak dan kewajiban konsumen sebagai pengguna jasa telekomunikasi dan hak dan kewajiban operator seluler, dan yang ketiga adalah apa saja bentuk-bentuk pelanggaran hak konsumen yang dilakukan oleh operator seluler, bagaimana mengatasi keluhan - keluhan konsumen tersebut dan apa saja bentuk perlindungan yang diberikan oleh YLKI Sumbar dalam memberikan perlindungan hukum terhadap konsumen pengguna layanan seluler. Penulis melakukan penelitian menggunakan metode pendekatan yuridis sosiologis. Tehknik pengumpulan data diambil melalui observasi, penyebaran kuesioner dan wawancara semi terstruktur pada pihak yang terkait. Data yang terkumpul diolah secara editing dan tabulating dengan menggunakan analisis kwantitatif. Dari penelitian yang penulis lakukan dapat diambil kesimpulan bahwa lahirnya perjanjian antara konsumen dengan pelaku usaha terjadi karena adanya kesepakatan antara kedua belah pihak. Hak dan kewajiban konsumen sebagai pengguna jasa telekomunikasi adalah hak untuk mendapatkan kenyamanan dan kepuasan dalam menggunakan produk yang ditawarkan dan kewajiban untuk membayar produk/jasa yang ditawarkan oleh operator seluler, sedangkan hak dan kewajiban operator seluler adalah hak untuk menerima pembayaran atas barang yang ditawarkan dan kewajiban untuk memberikan pelayanan yang memuaskan bagi konsumen. Sedangkan bentuk perlindungan yang diberikan oleh YLKI Sumbar kepada konsumen yang mengadukan keluhannya adalah memberikan mediasi antara konsumen dengan pemberi jasa telekomunikasi khususnya Telkomsel sebagai penyedia jasa telekomunikasi seluler, dan perlindungan dalam bentuk pencerahan dan pencerdasan pada setiap event acara YLKI Sumbar dalam bentuk seminar dan dialog-dialog dengan lembaga terkait dan kelompok masyarakat tentang penggunaan jasa telekomunikasi secara umum.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: K Law > K Law (General)
Unit atau Lembaga: Fakultas Hukum > Hukum
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 05 Apr 2011 01:53
Last Modified: 05 Oct 2011 08:45
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/10043

Actions (login required)

View Item View Item