Repository Universitas Andalas

PERJANJIAN WARALABA JASA PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH PADA LEMBAGA PENDIDIKAN PRIMAGAMA CABANG PADANG

Rintasia, Rezi (2008) PERJANJIAN WARALABA JASA PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH PADA LEMBAGA PENDIDIKAN PRIMAGAMA CABANG PADANG. Other thesis, Fakultas HUkum.

[img]
Preview
PDF (PERJANJIAN WARALABA JASA PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH PADA LEMBAGA PENDIDIKAN PRIMAGAMA CABANG PADANG) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (382Kb) | Preview

Abstract

Tanggungjawab pelaksanaan pendidikan sepenuhnya berada pada Pemerintah dan Pemerintah Daerah. Akan tetapi karena keterbatasan dalam pendanaan dan prasarana maka dibukalah kesempatan bagi masyarakat untuk turut berperan serta melaksanakannya terutama pihak swasta yang memiliki kemampuan untuk merancang suatu kurikulum pendidikan, keuangan, sarana dan prasarana, penyediaan tenaga pengajar yang berkualitas dan kemampuan merancang kurikulum sesuai dengan kurikulum nasional. Waralaba (franchise) merupakan alternatif bagi pihak swasta yang tidak memiliki kemampuan untuk memulai usaha serupa yaitu usaha jasa pendidikan, salah satu yang menawarkan kerjasama waralaba tersebut Primagama. Kesepakatan kerjasama waralaba primagama dituangkan dalam suatu perjanjian tertulis. Perjanjian tersebut berlaku dan mengikat para pihak sejak ditandatanganinya surat perjanjian. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana proses lahirnya perjanjian, bagaimana pelaksanaan perjanjian, dan kemudian permasalahan dan kendala yang timbul dari pelaksanaan perjanjian dan penyelesaiannya. Untuk menjawab permasalahan tersebut di atas, metode penelitian yang digunakan dalam penulisan ini adalah metode pendekatan yuridis sosiologis (empiris) berupa pengkajian dan pembahasan peraturan perundang-undangan yang berlaku, kemudian dihubungkan dengan praktek di lapangan. Serta studi dokumen yaitu mempelajai data-data yang diperoleh dari lapangan berupa berkas-berkas dokumen yang berisi data yang berhubungan dengan permasalahan yang dibahas. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder, pengumpulan data dengan wawancaf,4 studi pustaka, dan studi dokumen. Sedangkan pengolahan data melalui tahap pemeriksaan kemudian diinterpretasikan atau ditafsirkan untuk dilakukan pembahasan dan dianalisis secara kualitatif, selanjutnya ditarik suatu kesimpulan.Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan menunjukkan bahwa posedur lahimya perjaqiian waralaba Lembaga Pendidikan Primagama Cabang Andalas terdiri dari 3(tiga) tahapan yaitu tahapan pra kontrak, tahap kontrak dan tahap pelaksanaan kontrak. Untuk pelaksanaan Perjanjian telah sesuai dengan isi perjanjian yang telah diperjanjikan, meliputi hak dan kewajiban para pihak, pelaksanaan kegiatan usaha, jaminan-jaminan diantara kedua belah pihak dalam menjalankan usaha waralaba Lembaga Pendidikan Primagama, maupun aturan berakhirnya perjanjian. Pe{anjian Waralaba Lembaga Pendidikan Primagama masih dan sedang berlangsung sesuai dengan masa berlakunya perjanjian yaitu selama 5 (lima) tahun terhitung sejak tanggal 2 januari 2007.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: K Law > K Law (General)
Unit atau Lembaga: Fakultas Hukum > Hukum
Depositing User: girl 123 456
Date Deposited: 05 Apr 2011 01:51
Last Modified: 11 Oct 2011 08:02
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/10053

Actions (login required)

View Item View Item