Repository Universitas Andalas

PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP KONSUMEN PENGGUNA AIR PADA PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM (PDAM) PAINAN

Evanora, Siska (2008) PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP KONSUMEN PENGGUNA AIR PADA PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM (PDAM) PAINAN. Other thesis, Fakultas Hukum.

[img]
Preview
PDF (PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP KONSUMEN PENGGUNA AIR PADA PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM (PDAM) PAINAN) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (371Kb) | Preview

Abstract

PDAM merupakan salah satu perusahaan daerah air minum yang bergerak dalam bidang jasa pelayanan air minum, untuk memenuhi segala kebutuhan masyarakat akan air bersih, untuk mendapatkannya masyarakat terlebih dahulu mengadakan suatu perjanjian dengan pihak PDAM dalam bentuk perjanjian baku (standart contrac). Dalam perjanjian baku konsumen berada pada pihak yang lemah dimana konsumen harus tunduk kepada klausula perjanjian. Pada umumnya klausula perjanjian tersebut menguntungkan pihak produsen sehingga perlindungan yang diberikan kurang efisien. Namun dengan dikeluarkannya Undang-undang No.8 tahun 1999 tentang perlindungan konsumen khususnya Pasal 18 ayat 1 huruf g dan Pasal 18 ayat 2 maka PDAM berusaha memperbaiki mutu pelayanan dalam rangka perlindungan konsumen dalam bidang jasa pelayanan air minum kepada masyarakat. Berkaitan dengan perlindungan terhadap konsumen dengan adanya perjanjian baku tersebut permasalahan yang dibahas adalah dalam hal bentuk perlindungan hukum yang diberikan oleh PDAM kepada konsumen pengguna air, apa saja hak dan kewajiban pihak konsumen pengguna air dan PDAM, dan kendala-kendala apa saja yang dihadapi oleh konsumen dan PDAM di Daerah Painan. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini bersifat yuridis sosiologis, yaitu penelitian tentang bagaimana penerapan Undang-undang tentang perlindungan konsumen dapat melindungi kepentingan konsumen. Data dikumpulkan melalui penelitian kepustakaan dan penelitian dilapangan yang dilakukan pada PDAM Daerah Painan dan terhadap konsumen PDAM itu sendiri. Perlindungan yang dapat diberikan oleh PDAM berdasarkan atas standar mutu yang baik yang dilakukan dengan cara: pemeliharaan dan pengecekan terhadap material air yang dimiliki oleh PDAM dan menerima berbagai keluhan dari pelanggan yang berhubungan dengan pelayanan jasa air minum. Adapun hak dan kewajiban konsumen adalah mendapatkan air bersih dan membayar rekening air sesuai dengan besarnya pemakaian sedangkan hak dan kewajiban PDAM adalah menerima pembayaran sesuai dengan besarnya pemakaian air dan menjamin mutu air. Didalam memberikan perlindungan pihak PDAM mengalami kendala yaitu : Tingginya tingkat kehilanggan air. Untuk itu perlu adanya upaya peningkatan taraf pendidikan konsumen dan sosialisasi terhadap Undang-undang perlindungan konsumen, sehingga mereka mengetahui kepentingannya dilindungi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: K Law > K Law (General)
Unit atau Lembaga: Fakultas Hukum > Hukum
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 05 Apr 2011 01:55
Last Modified: 04 Oct 2011 03:00
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/10082

Actions (login required)

View Item View Item