Repository Universitas Andalas

TANGGUNG JAWAB PEMILIK KAPAL SIMASIN DALAM MENYELENGGARAKAN PENGANGKUTAN BARANG DI LAUT DARI PELABUHAN MUARA PADANG

Salabok, Laurienus (2008) TANGGUNG JAWAB PEMILIK KAPAL SIMASIN DALAM MENYELENGGARAKAN PENGANGKUTAN BARANG DI LAUT DARI PELABUHAN MUARA PADANG. Other thesis, Fakultas Hukum.

[img]
Preview
PDF (TANGGUNG JAWAB PEMILIK KAPAL SIMASIN DALAM MENYELENGGARAKAN PENGANGKUTAN BARANG DI LAUT DARI PELABUHAN MUARA PADANG) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (358Kb) | Preview

Abstract

Pengangkutan mempunyai peranan penting dalam kehidupan manusia terutama peningkatan ekonomi rakyat yang mendukung laju Pertumbuhan dan Perkembangan suatu daerah. Namum dalam pelaksanaannya kemungkinan menghadapi bahaya yang besar yang setiap sBat mengancam keselamatan barang yang diangkutnya- Bahaya itu entara lain kehilangan dan kerusakan serta keterlambatan barang yang akhimya menimbulkan masalah yang berkaitan dengan Tanggung Jawab. Adapun yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah Bagaimana Tanggung lawab Pemilik Kapal Simasin Dalam Menyelenggarakan Pengangkutan Barang di laut dari Pelabuhan Muara Padang. Bagaimana Prosedur tuntutan ganti Rugi apabila terjadi kehilangan atau kerusakan barang, Apa hambtan yang ditemui dalam pelaksanaan :an ggung j awab tersebut. \{etode penelitian yang digunakan adalah yurudis sosiologis sedangkan data yang digunakan data primer dan sekunder serta teknik pengurnpulan datanya yaitu studi dokumen dan wawancara. Hasil penelitian menggambarkan bahwa tanggung jawab Fernilik kapal Simasin dalam menyelenggarakan pengangkutan barang di laut dari Felabuhan Muara Padang, Pemilik kapal Simasin bertanggung jawab penuh atas banang lang diangkut baik dari segi kehilangan, kerusakan, maupun keterlambatan penyerahan barang yang tersebul Prosedur tuntutan ganti rugi berawal dari pemilik barang yaitu adanya suatu pernberitahuan kepada pemilik kapal Simasin Bahwa barang yang diangkut ada yang rusak atau yang hilang. Pemberitahuan yang disampaikan oleh pemilik barang kepada pihak pengangkut hanya secara lisan saja Set�lah mengetahui tuntuntan yang Cisampaikan pihak pemilik barang tersebut pihak pengangkut menyalidiki kebenaran iang dituntut tersebut. Kalau hal itu benar terjadi pemilik barang tesebut baru melakukan nembayaran sebesar jumlah barang yang rusak A.dapun hambatan yang dialami oleh pemilik kapal Simasin berupa hambatan teknis, rnisalnya hal-hal yang berhubungan dengan kerusakan alat angkutan, sedangkan nambatan yang dihadapi pernilik barang hanya dalam penentuan besar tuntutan ganti rugi iang harus dibayar oleh pemilik kapal. Tanggung jawab pemilik Kapal Simasin dalam menyelenggarakan Pengangkutan barang *Ji laut adalah atas segala kehilangan dan kerusakan Barang. Saran hendaknya kepada pernilik Kapal Simasin Tanggung Jawabnya harus diasuransikan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: K Law > K Law (General)
Unit atau Lembaga: Fakultas Hukum > Hukum
Depositing User: girl 123 456
Date Deposited: 05 Apr 2011 01:55
Last Modified: 07 Oct 2011 04:24
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/10089

Actions (login required)

View Item View Item