Repository Universitas Andalas

EKSEKUSI JAMINAN FIDUCIA MELALUI PENARIKAN DAN PENJUALAN BARANG JAMINAN UTANG PADA PT. BANK BUKOPIN CABANG PADANG

Kurniawan, Syukran (2008) EKSEKUSI JAMINAN FIDUCIA MELALUI PENARIKAN DAN PENJUALAN BARANG JAMINAN UTANG PADA PT. BANK BUKOPIN CABANG PADANG. Other thesis, Fakultas Hukum.

[img]
Preview
PDF (EKSEKUSI JAMINAN FIDUCIA MELALUI PENARIKAN DAN PENJUALAN BARANG JAMINAN UTANG PADA PT. BANK BUKOPIN CABANG PADANG) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (640Kb) | Preview

Abstract

Lembaga Perbankan berperan penting dalam mendorong percepatan pertumbuhan perekonomian nasional. Sesuai dengan fungsi utama bank sebagai penyalur dana pada masyarakat dalam bentuk kredit. Pemberian kredit oleh bank dilandasi dengan prinsip-prinsip pemberian kredit. Salah satu unsur yang sangat penting yaitu unsur jaminan. Jaminan diperlukan pihak bank sebagai sarana, pengaman (security) jika debitur tidak dapat melunasi pembayaran utang kredit. Bank dapat melakukan eksekusi atas barang jaminan untuk mendapat pelunasan piutang kredit. Salah satu lembaga jaminan yang diikat bank sebagai jaminan kreit ialah jaminan fiducia. Ciri dari lembaga jaminan fiducia ialah obyek jaminan berada ditangan debitur. Inilah yang menyebabkan pihak bank kesulitan dalam melakukan eksekusi harang jaminan. Permasalahan yang akan dikemukakan penulis dalam skripsi ini ialah bagaimanakah sebab terjadinya kredit macet dengan jaminan fiducia pada PT. Bank Bukopin Cabang Padang, bagaimana proses penarikan dan penjualan barang jaminan fiducia oleh PT. Bank Bukopin Cabang Padang, bagaimana penyelesaian hasil penjualan barang jaminan fiducia antara debitur dengan PT. Bank Bukopin Cabang Padang, dan kendala-kendala yang dihadapi PT. Bank Bukopin Cabang Padang dalam melakukan eksekusi jaminan fiducia. Metode yang digunakan adalah yuridis sosiologis yang bersifat empiris, yaitu pendekatan terhadap masalah melalui penelitian hukum dengan melihat norma-norma yang berlaku dan dihubungkan dengan kenyataan yang ada terhadap permasalahan yang ditemui dalam penelitian. Jenis penelitian yang dilakukan melalui penelitian lapangan dan penelitian kepustakaan, tekhnik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dan studi dokumen, dan data yang diperoleh dianalisis secara kualitatif. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan : kredit macet dengan jaminan fiducia karna itikad tak baik dari debitur, turunnya pendapatan debitur dan atau sebab tak tentu seperti bencana alam, proses penarikan barang jaminan dengan mengirimkan surat peringatan pada debitur dilakukan jika tidak diindahkan, maka pihak bank langsung menarik barang jaminan fiducia dari debitur, penjualan barang jaminan diberikan kesempatan pada debitur untuk menjual sendiri barang jaminan, jika tidak terlaksana dalam jangka waktu ditentukan maka pihak bank yang akan menjual barang jaminan fiducia, penyelesaian hasil penjualan diambil dari penjualan barang jaminan fiducia jika ada kelebihan dikembalikan pada debitur dan kalau kurang dari utang maka pihak bank akan memberikan kebijaksanaan dengan memberikan diskon pada utang debitur dengan melihat kepribadian debitur, dan kendala yang dihadapi Bank Bukopin dalam melakukan eksekusi barang jaminan karena hilang dan atau musnahnya barang jaminan fiducia, dan atau beralihnya barang jaminan fiducia pada pihak ketiga tanpa sepengetahuan pihak bank.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: K Law > K Law (General)
Unit atau Lembaga: Fakultas Hukum > Hukum
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 05 Apr 2011 01:54
Last Modified: 05 Oct 2011 03:05
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/10101

Actions (login required)

View Item View Item