Repository Universitas Andalas

PERANAN PEJABAT PEMBUAT AKTA TANAH (PPAT) DALAM PELAKSANAAN PEMBUATAN AKTA HIBAH TANAH DI KOTA PADANG

Lestari, Widya (2008) PERANAN PEJABAT PEMBUAT AKTA TANAH (PPAT) DALAM PELAKSANAAN PEMBUATAN AKTA HIBAH TANAH DI KOTA PADANG. Other thesis, Fakultas Hukum.

[img]
Preview
PDF (PERANAN PEJABAT PEMBUAT AKTA TANAH (PPAT) DALAM PELAKSANAAN PEMBUATAN AKTA HIBAH TANAH DI KOTA PADANG) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (406Kb) | Preview

Abstract

Tanah adalah aset yang sangat berharga dalam kehidupan manusia karena tanah merupakan salah satu alat ukur kekayaan dalam masyarakat yang dapat dijadikan sebagai alat pembayaran, jaminan utang hipotik, dll. Maka pemerintah merasa perlu untuk mengatur segala sesuatunya tentang tanah yang dibuat dalam suatu peraturan perundang-undangan. Salah satu hal yang diatur dalam peraturan perundang-undangan tersebut adalah mengenai peralihan hak atas tanah yang termasuk mengenai hibah tanah. Untuk pelaksanaan peralihan hak atas tanah berupa hibah tanah tersebut harus dibuatkan dalam suatu akta, dimana yang berwenang untuk membuat akta tersebut adalah seorang Pejabat Pembuat Akta Tanah (PPAT) yang merupakan seorang pejabat yang ditunjuk oleh pemerintah untuk membuat akta-akta tanah. Oleh karena itu Pejabat Pembuat Akta Tanah (PPAT) mempunyai peranan yang sangat penting dalam pelaksanaan peralihan hak atas tanah mengenai hibah tanah. Permasalahan mendasar yang diangkat adalah bagaimana pelaksanaan pembuatan akta hibah tanah oleh Pejabat Pembuat Akta Tanah (PPAT) di kota Padang, peranan Pejabat Pembuat Akta Tanah (PPAT) dalam pelaksanaan pembuatan akta hibah tanah di kota Padang, kendala-kendala apa yang ditemui oleh Pejabat Pembuat Akta Tanah (PPAT) dalam pelaksanaan pembuatan akta hibah tanah di Kota Padang. Metode yang digunakan dalam penulisan skripsi ini adalah yuridis sosiologis, artinya melihat pelaksanaan ketentuan yang ada dan menggunakan teknik analisa kualitatif yaitu dengan cara mengumpulkan semua data yang dibutuhkan kemudian menghubungkan dengan permasalahan yang ada, dianalisa dan didasarkan pada teori ilmu hukum yang berhubungan dengan masalah yang diteliti. Dari hasil penelitian dan pembahasan yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembuatan akta hibah tanah oleh Pejabat Pembuat Akta Tanah (PPAT) di Kota Padang telah sesuai dengan prosedur yang telah ditentukan oleh peraturan perundang-undangan yang berlaku saat ini. Peranan Pejabat Pembuat Akta Tanah (PPAT) dalam pelaksanaan pembuatan akta hibah tanah adalah membuat akta hibah, dimana akta yang bersifat otentik tersebut melindungi para pihak dari permasalahan yang mungkin timbul. Dalam pelaksanaan pembuatan akta hibah tanah oleh Pejabat Pembuat Akta Tanah (PPAT) belum ada ditemuinya kendala-kendala yang berarti karena Pejabat Pembuat Akta Tanah (PPAT) dalam melaksanakan proses pembuatan akta hibah tersebut secara teliti.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: K Law > K Law (General)
Unit atau Lembaga: Fakultas Hukum > Hukum
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 05 Apr 2011 01:54
Last Modified: 05 Oct 2011 08:44
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/10106

Actions (login required)

View Item View Item