Repository Universitas Andalas

PELAKSANAAN PENELITIAN BERKAS PERKARA OLEH JAKSA PADA TAHAP PRAPENUNTUTAN (Studi Kasus di Kejaksaan Negeri Padang)

Yoza, Willy Agustian (2008) PELAKSANAAN PENELITIAN BERKAS PERKARA OLEH JAKSA PADA TAHAP PRAPENUNTUTAN (Studi Kasus di Kejaksaan Negeri Padang). Other thesis, Fakultas Hukum.

[img]
Preview
PDF (PELAKSANAAN PENELITIAN BERKAS PERKARA OLEH JAKSA PADA TAHAP PRAPENUNTUTAN (Studi Kasus di Kejaksaan Negeri Padang)) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (358Kb) | Preview

Abstract

Prapenuntuan merupakan salah satu wewenang dari Penuntut Umum yang terdapat dalam Pasal 14 butir b Undang-undang No.8 tahun 1981 tentang Hukum Acara Pidana. Secara istilah pengertian prapenuntutan belumlah terdapat keseragaman, hal ini terjadi karena Undang-undang No.8 tahun 1981 tentang Hukum Acara Pidana sendiri tidak memberi batasan pengertian yang jelas. Bagi pihak Kejaksaan sebagai lembaga yang menaungi Penuntut Umum dalam mengartikan prapenunfutan lebih luas meliputi rrcmantauan perkembangan hasil penyidikan, pengembalian berkas perkara apabila belum )'trrgJ<ap, penerimaan tanggung jawab tersangka dan barang bukti dari penyidik serta i),:ijieriksaan tambahan. Perumusan masalah dalam skripsi ini adalah 1) Bagaimana Pelaksanaan Penelitian Berkas Perkara oleh Jaksa pada Tahap Prapenuntutan\ 2) Berapa lama Waktu Penyelesaian Prapenuntutan, 3) Apa Kendala yang dihadapi oleh Jaksa pada tahap Prapenuntutan. Metode penelitian yang dipakai bersifat yuridis sosiologis dengan melakukan penelaahan lebih jelas mengenai permasalahan yang diteliti. Bahan atau materi dalam penelitian ini adalah : 1) Penelitian kepustakaan (library research) yang terdiri dari bahan hukum primer, bahan hukum sekunder dan bahan hukum tersier. 2) penelitian lapangan (field research) yang terdiri dari data primer dan data sekunder. Alat pengumpulandatayang digunakan adalah dengan melakukan wawancara di instansi tempat oenulis melakukan penelitian yaitu Kejaksaan Negeri Padang.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: K Law > K Law (General)
Unit atau Lembaga: Fakultas Hukum > Hukum
Depositing User: girl 123 456
Date Deposited: 05 Apr 2011 01:55
Last Modified: 12 Oct 2011 06:29
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/10121

Actions (login required)

View Item View Item