Repository Universitas Andalas

TANGGUNG JAWAB KONSULTAN AMDAL DALAM PEMBUATAN DOKUMEN ANALISIS MENGENAI DAMPAK LINGKUNGAN DAN AKIBAT HUKUMNYA

Wahyuni, Desi (2008) TANGGUNG JAWAB KONSULTAN AMDAL DALAM PEMBUATAN DOKUMEN ANALISIS MENGENAI DAMPAK LINGKUNGAN DAN AKIBAT HUKUMNYA. Other thesis, Fakultas Hukum.

[img]
Preview
PDF (TANGGUNG JAWAB KONSULTAN AMDAL DALAM PEMBUATAN DOKUMEN ANALISIS MENGENAI DAMPAK LINGKUNGAN DAN AKIBAT HUKUMNYA) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (437Kb) | Preview

Abstract

Agar terciptanya pembangunan yang sadar akan lingkungan yang baik dan bersih maka pembangunan yang memungkinkan timbulnya dampak penting harus dibuat Dokumen AMDAL. AMDAL sendiri merupakan suatu kajian mengenai dampak positif dan negatif dari suatu rencana kegiatan atau proyek, yang dipakai pemerintah dalam memutuskan apakah suatu kegiatan atau proyek layak atau tidak layak lingkungan. Permasalahan yang dikaji di dalam skipsi ini adalah hak dan kewajiban konsultan AMDAL, tanggung jawab Konsultan AMDAL dan kendala yang dihadapi Konsultan AMDAL dalam pembuatan dokumen Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL). Tujuan dan kegunaan penelitian ini adalah untuk mengetahui hak dan kewajiban konsultan AMDAL, tanggung jawab konsultan AMDAL serta mengetahui kendala yang dihadapi konsultan dalam menyusun dokumen AMDAL. Penelitian ini mengunakan metode yuridis normatif dan yuridis empiris. sifat penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif yang menghasilkan data deskriptif, artinya peneliti berusaha menggambarkan hasil penelitian dan pembahasannya dalam bentuk pemapararr kalimat- kalimat yang kritis tentang hasil penelitian dan pembahasan serta sol':si pemecahan masalahya. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Teknik yang digunakan dalam penglrmpulan data yaitu studi dokumentasi dan wawancara. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah dalam membuat sebuah dokumen AMDAL konsultan AMDAL berkewajiban membuat data-data yang sebenarnya sesuai dengan yang ditemui di lapangan. Konsultan wajib memeriksa dan meneliti isi dokumen sebelum disahkan oleh pemerintah dan dinilai oleh Komisi Penilai AMDAL. Konsulnn AMDAL bertanggung jawab atas segala pembuatan dokumen AMDAL perusahaan yang rnenunjuknya. Tanggung jawab Konsultan AMDAL akan selesai sampai batas perjanjian dengan perusahaan yang menunjuknya, yaitu apabila dokumen itu telah disetujui oleh Pemerintah dan telah dinilai oleh Komisi Penilai AMDAL. Kendala yang dihadapi oleh Konsultan AMDAL dalam pembuatan dokumen AMDAL adalah data yurg mereka dapat dari perusahaan sudah banyak yang bekas pakai, lemahnya sumber daya manusia perusahaan itu, pihak yang bersangkutan dalam mensahkan dokumen tidak ada ditempat. Saran penulis dalam penelitian ini agar masyarakat pemerhati lingkungan diharapkan meningkatkan kepeduliannya terhadap masalah lingkungan, Sebelum pembangunan itu dibangun baiknya dilakukan penelitian terhadap dampak penting negatif yang diperkirakan dapat mencemari lingkungan dan merugikan masyarakat disekitamya dan manusia di dunia pada umumnya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: K Law > K Law (General)
Unit atau Lembaga: Fakultas Hukum > Hukum
Depositing User: girl 123 456
Date Deposited: 05 Apr 2011 01:55
Last Modified: 11 Oct 2011 07:52
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/10124

Actions (login required)

View Item View Item