Repository Universitas Andalas

PERTIMBANGAN HAKIM DALAM MENERAPKAN PIDANA TERHADAP ANAK YANG MELAKUKAN PERKOSAAN (Studi Kasus Wilayah Hukum Pengadilan Negeri Padang)

Jusman, Silvia (2008) PERTIMBANGAN HAKIM DALAM MENERAPKAN PIDANA TERHADAP ANAK YANG MELAKUKAN PERKOSAAN (Studi Kasus Wilayah Hukum Pengadilan Negeri Padang). Other thesis, Fakultas Hukum.

[img]
Preview
PDF (PERTIMBANGAN HAKIM DALAM MENERAPKAN PIDANA TERHADAP ANAK YANG MELAKUKAN PERKOSAAN (Studi Kasus Wilayah Hukum Pengadilan Negeri Padang)) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (433Kb) | Preview

Abstract

Tindak pidana perkosaan yang dilakukan oleh anak merupakan suatu kenakalan anak dalam naungan pengadilan anak yang pelaksanaannya dibawah kekuasaan kehakiman dilingkungan peradilan umum. Lingkungan peradilan ini tidak terlepas dari sistem pemidanaan. Permasalahan yang dikemukakan dalam penelitian ini adalah Apakah aturan hukum terhadap anak yang melakukan perkosaan? Apakah yang menjadi pertimbangan hakim dalam menerapkan pidana terhadap anak yang melakukan perkosaan? Bagaimanakah pendapat hukum (legal opinion) hakim dalam menerapkan pidana terhadap anak yang melakukan perkosaan? Tipe digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian hukum sosiologis (Socio Legal Research ) yang merupakan penelitian yang menitikberatkan prilaku individu atau masyarakat yang kaitannya dengan efektivitas hukum. Penulis menggunakan 2 data yaitu data primer dan data sekunder yang diperoleh melalui dua teknik pengumpulan data berupa wawancara dan studi dokumen selanjutnya diolah dan dianalisis dengan menggunakan metode kualitatif.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: K Law > K Law (General)
Unit atau Lembaga: Fakultas Hukum > Hukum
Depositing User: SSi Santi Ariningsih
Date Deposited: 07 Apr 2011 05:54
Last Modified: 04 Oct 2011 07:50
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/10133

Actions (login required)

View Item View Item