Repository Universitas Andalas

Hubungan Kualitas Pelayanan dengan Kepuasan Masyarakat Pemohon Sertifikat Tanah di Kantor Pertanahan Kota Padang

Azizah, Nur (2008) Hubungan Kualitas Pelayanan dengan Kepuasan Masyarakat Pemohon Sertifikat Tanah di Kantor Pertanahan Kota Padang. Other thesis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

[img]
Preview
PDF (Hubungan Kualitas Pelayanan dengan Kepuasan Masyarakat Pemohon Sertifikat Tanah di Kantor Pertanahan Kota Padang) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (363Kb) | Preview

Abstract

Kualitas pelayanan suafu instansi clapat elihubungkan dengan kepuasan masyarakat, karena kedua variabel tersebut memiliki hubungan timbal-balik yang saling mempengaruhi satu sama lain. Semua itu dapat tercermin dari ungkapan menurut Zeithalm, yakni kepuasan seorang konsumen untuk rnengkonsumsi atau tidak mengkonsumsi suatu barang atau jasa dipengaruhi oleh berbagai faktor antara lain persepsinya terhadap kualitas pelayanan. Penelitian ini rnengkaji rentang hubungan kualitas pelayanan dengan kepuasan masyarakat pemohon sertifikat tanah di Kantor Pertanahan Kota Padang. Konsep yang digunakan adalah kualitas pelayanan yang dikemukakan oleh Yincent Gaspersz dan variabel kepuasan dalam Kepmenpan Nomqrr 25 'I'ahvn 2AA4. Pendekalan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan tipe eksplanatori. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Unit analisis data adalah individu..Analisa data menggunakan program komputer SPSS lZ"0A dan uji hipotesis menggunakan statistik chi-square yang disajikan dengan skala ordinal yaitu tabel frekuensi dan tabulas i silan g agar dapat dipertang gun gj awabkan ke i lm i ahann ya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan di Kantor Pertanahan Kota Padang adalah 96,2% yang menyatakan bagus. Kepuasan masyarakat pemohon sertifikat tanah di Kantor Pertanahan Kota Padang adalah 92,3 oA yang menyatakan puas dengan layanan yang mereka terima" Adanya hubungan positif'yang kuat antara kualitas pelayanan dengan kepuasan masyarakat pemohon sertifikat tanah di Kantor Pertanahan Kota Padang dengan hasil 0,569. Berdasarkan hasil yang diperoleh, maka disirnpulkan bahwa kualitas pelayanan memiliki hubungan positif yang kuat terhadap kepuasan masyarakat pemohon sertifikat tanah di Kantor Pertanahan Kota Padang.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Unit atau Lembaga: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Administrasi Negara
Depositing User: girl 123 456
Date Deposited: 07 Apr 2011 05:53
Last Modified: 06 Oct 2011 04:27
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/10152

Actions (login required)

View Item View Item