Repository Universitas Andalas

PENITELESAIAN SENGKETA TANAH ULAYAT DI NAGARI MUNGO KABUPATEN 50 KOTA PROPINSI SUMATERA BARAT

Junaidi, Veri (2008) PENITELESAIAN SENGKETA TANAH ULAYAT DI NAGARI MUNGO KABUPATEN 50 KOTA PROPINSI SUMATERA BARAT. Other thesis, Fakultas Hukum.

[img]
Preview
PDF (PENITELESAIAN SENGKETA TANAH ULAYAT DI NAGARI MUNGO KABUPATEN 50 KOTA PROPINSI SUMATERA BARAT) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (383Kb) | Preview

Abstract

Dasar pengelolaan sumberdaya alam di Indonesia adalah berlakunya ketentuan pasal 33 UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945, dimana negara berkedudukan sebagai penguasa untuk mengafur' mengurus dan mengendalikan hak-hak a*tas sumbe.Au;,u alam Awal kemerdekaan, dasar penguasaan oleh negara merupakan politik hukum untuk Lenggantrkan politik hukum pertanahan Hindia Belanda. Pada masa transisi ini negara sebagai penguasa mengeluarkan serangkaian kebijakan untuk mengambil alih aset-aset penting terkait sumber laya alam dari tangan.Belanda (kekuasaan asng) Pengambil-alihmr ini dilakukan melalui kebijakan Nasionalisasi terhadap perusahan mitit eetJrda dan dalam bidang pertanahan lerupa kebijakan konversi hak-hak barat, salah satuny ahak erfpa{.'ftl. Kebijakan ini kemudian berdampak terhadap beralihnya penguasaan tanah uiayat Nagan Mungo Kabupaten 50 Kota kepada negara. Tanah_yang dalam sejarahnya digunakan u.rtuk kegia; p"terriaka* Belanda kemudian diambil alih negara melalui teUr;atan nasionalisasi.'Sejak'r*t-ltu, tanah ini $sun{an untuk kegiatan serupa yang dikelola pemerintah. Sejak 1950 rnelalui ..Induk Taman Temak grr)" hingga 1980 berada di bawah pengawasan Direktorat Jenderal petemakan Departemen Pertanian dengan nama Balai PembiUita" Temak Hijauan Makanan Temak (BFT- HMT) Padang Mengatas. Berdasarkan Keputusan Menteri pertanian No'292/Ifuts/or'21aj!?0a2' 16 April 2002 hingga seklang bemama Balai pembibitan Temak Unggul (BPTU) Sapi Potong Padang tuengitas. Berdasarkan latar belakang di atas, penelitian ini menjawab beberapa permasalahan te-ntarrg faktor terjadinya ,*,rgk*tu Mungo, mekanisme penyelesaian sengketa dan kendala yang dihaldupl aau* p"rryet"sai*i tersebut.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: K Law > K Law (General)
Unit atau Lembaga: Fakultas Hukum > Hukum
Depositing User: girl 123 456
Date Deposited: 07 Apr 2011 05:52
Last Modified: 04 Oct 2011 07:42
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/10167

Actions (login required)

View Item View Item