Repository Universitas Andalas

PERAN PEMERINTAH KOTA PADANG DALAM MEMBERIKAN PERLINDUNGAN HAK ASASI MANUSIA TERHADAP PELANGGARAN HAK ANAK

Fitria, Mona (2008) PERAN PEMERINTAH KOTA PADANG DALAM MEMBERIKAN PERLINDUNGAN HAK ASASI MANUSIA TERHADAP PELANGGARAN HAK ANAK. Other thesis, Fakultas Hukum.

[img]
Preview
PDF (PERAN PEMERINTAH KOTA PADANG DALAM MEMBERIKAN PERLINDUNGAN HAK ASASI MANUSIA TERHADAP PELANGGARAN HAK ANAK) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (363Kb) | Preview

Abstract

Hal yang paling mendasar yang harus di miliki oleh setiap manusia adalah adanya hak yang menjimin frakekat keberadaannya. Hak inilah yang lazim disebut sebagai Hak {sasi Manusia (HAM), yang meliputi berbagai aspek kehidupan yang dijalani oleh setiap indivldu dalam fungsi kemasyarakatannya. Hak Asasi Manusia bersifat universal, tidak dapat dipisahkan, saling bergantung dan saling berkait. Uhtuk membangun jati diri anak ,uiigru yang hakiki, di lerlukan konsep jaminan perlindungan hak asasi anak yang didisain dehgan penuh kearifan dalarn suatu dinamika sosial yang menjunjung tinggi harkat dan martabat anak secara utuh tanpa diskriminatif, Di samping itu di perlukan dukungan pernikiran yahg mampu mengelola seluruh instrumen hukum yang terkait dehgan permasalahan hak asasi anak menjadi pengaturan hukurn yang adil (just legal crafr). Hak- hak anak telah diatur dalam Hukum Nasional Indonesia. Adapun peraturan perurrdahg- undangan Indonesia (Hukutn Nasional) yang mengatur hak-hak anak antara lain: KUHPerdata, Undang-urrdang Nomor 1 Tahun 1,974 tertang Perkawinan, Undang'undang \ornor 4 Tahun 197i tentatr[. Kesejahteraan Anak, Undang-undang Nomor g tahun 19St tentang KUHAP, Undatrg-utrdung No-or 3 Tahrrnl997 tetrtang Pengadilan Anak, Undang- undang Nomof 39 Tahurt 1999 tentang HAM, Undang-undang Nomor 23 Tahutr 2002 tentan! Perlilidurrgan Anak, serta undang-rlndang Nofiior 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan. Kesemua peraturan perundang-undartgan tersebtt pada hakekatnya membeiikanperliridungan dan penegakan terhadap'hak asasi anak. Permasalahan yang di kemukakan antata lairi: a). Bentuk-bentuk pelanggaran Hak Asasi Mdnusia terhadap anak ii Kota Padang. b;.Faktot.aktor penyebit t.rfiinya pelaflggaran Hak Asasi Manusia ,erhadap anak di i(ota Padahg. c). Bagaimana peran pertierintah Kotd Padang dalam Upaya penegakan hukUrrr pelanggaran hak asasi andk di Kota Padang. Penelitian di lakukan i."ga" metode pdndekatan Yuridis Sosiologis. Dari hasil pembahdsan maka dapat di simpulkan padd ufrlurhfla bentuk-bentuk pelanggalaa HAM terhadap anak di Kota Padang berkaitan deng4n tindak kekerasan, yang meliputi kekerasan seksual, kekerasan fisik dan penculikan. FaktOt-faktof terjadinya pelanggaran HAM terhadap anak di Kota Padang antara lain: faktor kdlubrga, akhlak diri pelaku, ekonomi, diri anak itu sendiri. Adapun upaya penegakarr hukurn yang dilakukan oleh instansi hukum yang terkait antara lain melalui konseling, rumah aman, medis.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: K Law > K Law (General)
Unit atau Lembaga: Fakultas Hukum > Hukum
Depositing User: girl 123 456
Date Deposited: 07 Apr 2011 05:51
Last Modified: 07 Oct 2011 06:44
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/10180

Actions (login required)

View Item View Item