Repository Universitas Andalas

PELAKSANAAN PENGAWASAN KESALAMATAN KERJA DI PT.SEMEN PAIIANG (Persero) OLEH DINAS SOSIAL DAN TENAGA KERJA KOTA PADANG

Wati, Julia Suci (2008) PELAKSANAAN PENGAWASAN KESALAMATAN KERJA DI PT.SEMEN PAIIANG (Persero) OLEH DINAS SOSIAL DAN TENAGA KERJA KOTA PADANG. Other thesis, Fakultas Hukum.

[img]
Preview
PDF (PELAKSANAAN PENGAWASAN KESALAMATAN KERJA DI PT.SEMEN PAIIANG (Persero) OLEH DINAS SOSIAL DAN TENAGA KERJA KOTA PADANG) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (416Kb) | Preview

Abstract

Indonesia adalah negara sedang berkembang yang pada saat ini sedang giat melaksanakan pembangunan, dalam pelaksanaan pembangunan ini maka dibutuhkan jasa tenaga kerja yang merupakan salah satu faktor terpenting dalam pelaksanaan pembanguan nasional. Pentingnya peranan dari pekerja dan besarnya resiko yang diderita oleh pekerja karena kecelakaan kerja, maka sangat diperlukan pengawasan di bidang kecelakaan kerja. Salah satu uosur yang ikut berperan dalam meningkatkan kesejahteraan, keselamatan, dan kesehatan pekerja adalah unsur pengawasan ketenagakerjaan. Pengawasan tersebut akan bisa terlaksana apabila ada peraturan-peraturan hukum yang tegas sebagai landasan dari pelaksanaan pengawasan itu. Lembaga pengawasan yang bertugas dalam melakukan pengawasan keketenagakejaan adalah Dinas Sosial dan Tenaga Ke{a. Peraturan perundang-undangan di bidang ketenagakerjaan hanya akan melindungi pekerja secara yuridis dan tidak akan mempunyai arti bila dalam pelaksanaanya tidak diawasi oleh seorang ahli yang harus mengunjungi tempat kerja pekerja pada waktu tertentu. Pengawasan bukanlah sebagai alat perlindungan, melainkan crrofrr ^aro rrnft.t. ---ioroi- fortoLc^-^-.,^ n^r^+rrr^6 ^^-.-,{^-^,,-,1^-, suit.ij uaia uiii.ui\ IilciiJaiiitii teiiaKSanaiijia pCi'aiUi-an peruniiang-Unfiangan ketenagakerjaan. Dengan dernikian penulis merumuskan 3 (tiga) permasalahan yaitu tugas dan fungsi Dinas Sosial dan Tenaga Kerja dalam pelaksanaan pengaw-asan keselamatan kerj4 tata cara pengawasan keselamatan kerja yang dilakukan Dinas Sosial dan Tenaga Kerja di PT. Semen Padang, dan kendala yang dihadapi dalam melakukan pengawasan terhadap keselamatan kerja dan bagaimana upaya mengatasinya. Dalam menjawab permasalahan tersebut penulis menggunakan metode penelitian yuridis sosiologis yang dilakukan dengan cara menOliti data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan studi kepustakaan dan melakukan studi iapangan melalui wawancara dengan pihak yang terlibat langsung dalam prakteknya. Berdasarkan hasil penelitian, tugas dan fungsi Dinas Sosial dan Tenaga Kerja dalam pengawasan keseiamatan kerja aciaiah meiakukan pengawasan iangsung terhadap diberlakukannya peraturan perundang-undangan Ketenagakerjaan agar ditaatinya ketentuan Peraturan Ketenagakerjaan dibidang Keselamatan Kerja. Pengawasan keselamatan kerja yang dilakukan oleh Dinas Sosial dan Tenaga Kerja di PT. Semen Padang adalah pengawasan yang sifatnya normatif seperti pemeriksaan dokumen ketenagakerjaan" Kendala yang dihadapi dalam melakukan pengawasan terhadap keselamatan kerja adalah kurangnya sumber daya manusia dalam bidang pengawasan keselamatan kerja kurangnya pengawasan (Lock Of Control) terhadap implementasi Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3), kurangnya identifikasi tehadap potensi bahaya dan kurangnya kesadaran individu terhadap upaya pencegahan dini terjadinya kecelakaan kerja.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: K Law > K Law (General)
Unit atau Lembaga: Fakultas Hukum > Hukum
Depositing User: girl 123 456
Date Deposited: 07 Apr 2011 05:51
Last Modified: 11 Oct 2011 08:14
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/10183

Actions (login required)

View Item View Item