Repository Universitas Andalas

PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP ANAK KORBAN TINDAK PIDANA PENCABULAN DI WILAYAH HUKUM PENGADILAN NEGERI KLAS I A PADANG

SENJAYA, CHARDINAL (2008) PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP ANAK KORBAN TINDAK PIDANA PENCABULAN DI WILAYAH HUKUM PENGADILAN NEGERI KLAS I A PADANG. Other thesis, Fakultas Hukum.

[img]
Preview
PDF (PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP ANAK KORBAN TINDAK PIDANA PENCABULAN DI WILAYAH HUKUM PENGADILAN NEGERI KLAS I A PADANG) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (452Kb) | Preview

Abstract

Kondisi kemerosotan ekonomi dan lemahnya penegakan hukum di Indonesia menyebabkan kasus pencabulan pada anak selama beberapa tahun ini meningkat dengan sangat tajam. Selain itu, pemerintah juga tidak memiliki kebijakan untuk melindungi korban sehingga korban sering diperlakukan tidak manusiawi dan dianggap sebagai penyebab terjadinya peristiwa tersebut. Oleh sebab itu, Penulis membuat karya ilmiah ini berupa skripsi tenang perlindungan hukum terhadap anak korban tindak pidana pencabulan. permasalahan yang diteliti adalah apa saja bentuk-bentuk perlindungan terhadap anak yang menjadi korban tindak pidana pencabulan, bagaimana pelaksanaan perlindungan hukum terhadap anak korban tindak pidana pencabulan, dan apa kendala-kendala dalam pelaksanaan perlindungan hukum terhadap anak korban tindak pidana pencabulan. Untuk mencari jawaban permryalahan tersebut, penelitian dilakukan dengan menggunakan metode pendekatan masalah secara yuridis sosiologis (empiris). Data diperoleh dari perpustakaan dan melakukan wawancara langsung dengan pihak-pihak terkait dengan permasalahan ini. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa bentuk-bentuk perlindungan terhadap anak yaitu perlindungan dibidang hukum sepirti melaporkan pelaku ke pihak yang berwajib, dan memberikan advokasi kepada korban, perlindungan dibidang sosial seperti menempatkan korban dirumah aman dan memberikan pelayanan konseling, perlindungan dibidang agama seperti memberikan bimbingan dan pemahaman agama kepada korban sesuai dengan ugama yang dianutnya. Pelaksanaan perlindungan hukum terhadap anak yang dilakukan oleh lembaga peilindungan *uk dun pu.ut pelayanan terpadu pemberdayaan perempuan dan anak telah sesuai dengan dengan yang dicantumkan dalam Undang'Undang No. 23 tahun 2002 tentang perlindungan anak seperti memberikan jaminan keselamatan terhadap korban, dan menyediakan pelayanan psikolog. Sedangkan proses penyidikan yang dilakukan terhadap korban sama dengan penyidikan tindak pidana pada umumnya tetapi anak tersebut diperiksa secara kekeluargaan dan dapat didampingi oleh orang tua, wali atau relawan pendamping. putusan yang dikeluarkan oleh pengadilan negeri padang tidak didasarkan pada Undang-Undang No. 23 tahun 2002 tentang perlindungan anak tetapi hanya didasarkan pada KUHPidana sesuai dengan tuntutan jaksa penuntut umum. Kendala-kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan perlindungan hukum tersebut yaitu sulitnya mendapatkan informasi dari korban maupun keluargany4 tidak dipakainya Undang-Undang No. 23 tahun 2002 tentang perlindungan anak oleh penegak hukum dalam menuntut pelaku, dan terbatasnya relawan serla advokat daium m"ndampingi korban meqialani proses hukum.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: K Law > K Law (General)
Unit atau Lembaga: Fakultas Hukum > Hukum
Depositing User: girl 123 456
Date Deposited: 07 Apr 2011 05:50
Last Modified: 06 Oct 2011 09:01
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/10195

Actions (login required)

View Item View Item