Repository Universitas Andalas

PELAKSANAAN PENYIDIKAN TERHADAP ANAK SEBAGAI PELAKU TINDAK PIDANA KESUSILAAN (SODOMI) DI POLTABES PADANG

Pratama, Rizky Satria (2008) PELAKSANAAN PENYIDIKAN TERHADAP ANAK SEBAGAI PELAKU TINDAK PIDANA KESUSILAAN (SODOMI) DI POLTABES PADANG. Other thesis, Fakultas Hukum.

[img]
Preview
PDF (PELAKSANAAN PENYIDIKAN TERHADAP ANAK SEBAGAI PELAKU TINDAK PIDANA KESUSILAAN (SODOMI) DI POLTABES PADANG) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (407Kb) | Preview

Abstract

Tindak pidana yang dilakukan oleh anak masa sekarang sudah banyak terjadi, berbagai rnacam tindak pidana telatr sering dilalcukan oleh anak seperti pembunuhan, pencurian, perjudian dan juga termasuk tindak pidana kesusilaan. Bagaimanapun suatu tindak pidana tidak bisa dibiarkan begitu saja, walaupun pelakunya adalah anak-anak, tetap akan berusaha untuk menegakkan hukum melalui para aparatrya, ialah satu proses penegakan hukum tersebut adalah proses penyidikan, Proses penyidikan terhadap anak telah dibedakan dengan proses penyidikan terhadap omng dewasa semenjak ditetapkannya Undang-Undang Nomor 3 Tahun 1997 Tentang Pengadilan Anak. Hal tersebut memberikan suatu landasan hukum dalam penyidikan terhadap anak yang disangka melakukan tindak pidana, bahwa anak dalam penyidikan harus diperhatikan kepentingannya, hal tersebut bertujuan untuk membuat anak tidak meqiadi tertekan sehingga perkembangan lahir dan batinnya menjadi terganggu. Berdasarkan hal yang diatas perlu diketahui apakah peraturan perundang-undangan yang berlaku telah berjalan baik pelaksanaannya dalam proses penyidikan terhadap anak pelaku tindak pidana kesusilaan, khususnya tindak pidana sodomi. Perrrasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah : a). Apakah yang menjadi latar belakang anak melakukan tindak pidana sodomi, b). Bagaimanakah pelaksanaan penyidikan terhadap anak pelaku tindak pidana sodomi di Poltabes Padang c). Apakah yang menjadi kendala dalam pelaksanaan penyidikan terhadap anak pelaku tindak pidana sodomi yang dilakukan oleh penyidik Poltabes Padang. Metode penelitian ini merupakan penelitian hukum sosiologis, dengan meneliti praktek hukum di lapangan. Sifat penelitian betsifat penelitian preskriptif yaitu mempelajari tujuan hukum, nilai-nilai keadilan, validitas aturan hukum, konsep- konsep hukum dan norma-norma hukum. Hasil penelitian menunjukan bahwa proses penyidikan anak yang melakukan tindak pidana bsrbeda dengan penyidikan terhadap orang dewasa Baik itu dalam hal penangkaparu penahanan, pemeriksaan oleh penyidik dan perlakuan selama proses penyidikan berjatan. Serta faktor penyebab anak melakukan tindak pidana kesusilaan yaitu" faktor keluarg4 pendidikan, iingkungan dan pergaulan anak. Serta kendala yang dihadapi dalam penyidikan anak adalah kurangnya personel penyidik anak, terbatasnya fasilitas atau sarana dan sulitnya untuk mendapatkan alat bukti dalam proses peyidikan terhadap anak sebagai p�laku tindak pidana kesusilaan (sodomi). Dalam penyidikan perkara anak sebaiknya diselesaikan dengan cepat termasuk secepat mungkin rnemberikan undangan kepada pembimbing kemasyarakatan karena rekomendasi dari pembimbing kemasyarakatan sangat diperlukan, serta seharusnya ditambah personil unit khusus fasilitas dalam penyidikan terhadap kasus anak di Poltabes Padang.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: K Law > K Law (General)
Unit atau Lembaga: Fakultas Hukum > Hukum
Depositing User: girl 123 456
Date Deposited: 07 Apr 2011 05:48
Last Modified: 10 Oct 2011 03:35
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/10214

Actions (login required)

View Item View Item