Repository Universitas Andalas

PERANAN ANKUM DALAM PENYELESAIAN PERKARA TTNDAK PIDANA MILITER TERHADAP ANGGOTA TNI - AD DALAM WEWENANG KOMANDONYA (Studi di KODIM 0305 / Pasaman)

Meba, Boyke (2008) PERANAN ANKUM DALAM PENYELESAIAN PERKARA TTNDAK PIDANA MILITER TERHADAP ANGGOTA TNI - AD DALAM WEWENANG KOMANDONYA (Studi di KODIM 0305 / Pasaman). Other thesis, Fakultas Hukum.

[img]
Preview
PDF (PERANAN ANKUM DALAM PENYELESAIAN PERKARA TTNDAK PIDANA MILITER TERHADAP ANGGOTA TNI - AD DALAM WEWENANG KOMANDONYA (Studi di KODIM 0305 / Pasaman)) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (397Kb) | Preview

Abstract

Dalam kehidupan ketentaraan menghendaki diterapkannya disiplin dan aturan hukum militer bagi setiap anggotanya. Setiap komandan kesatuan diharuskan mengawasi pelaksanaan disiplin dan penegakan hukum oleh anggota komandonya. Apabila anggota komandonya melakukan pelanggaran hukum, maka komandan kesatuan selaku Ankum diberi wewenang oleh undang - undang untuk melakukar pemeriksaan pendahuluan terhadap anggota komandonya tersebut. Dalam pemeriksaan pendahuluan ini komandan akan dibantu oleh staf Intelijen sebagai F�ngamanan tubuh TNI AD. Adapun permasalahan yang dibahas dalam skripsi ini adalah mengenai peftnan Ankum dalam penyelesaian perkara pidana anggota komandonya, bagaimana penerapan kewenangan Ankum dalam penyelesaian perkara pidana anggota komandonya, sertra kendala yang ditemui dalam penyelesaian perkara pidana anggota komandonya oleh Ankum dan penyelesaiannya. Untuk menjawab permasalahan di atas maka dilakukan penelitian dengan menggunakan metode penelitian secara yuddis sosiologis. Penulis mengumpulkan data melalui penelitian kepustakaan (Library Research) dan penelitian lapangan (Field Research) ggna memperoleh bahan hukum sekunder dan bahan hukum primer kemudian menganalisa hasil penelitian tersebut secara kualitatif. Dalam penyelesaian perkara pidana anggota komandonya, -{nkum mempunyai peranan yang sangat p""ii"g yaitu menentukanapakah pJ.iu* tersebut akan dilimpahkan ke Penyidik Polisi Militer Angkatan Darat atau akan diselesaikan secara Hukum Dsiplin Militer. Dalam penerapanny4 kewenangan Ankum dalam penyelesaian perkara pidana anggota komandonya terlihat dalam setiap tahap penyelesaian perkara (kecuali tahap penuntutan). Dalam penyelesaian perkara pidana anggota komandonya ini tidak ditemui kendala berarti yang dapat menghambat proses penyelesaian perkara pidana oleh Ankum terhadap an ggota komandonya tersebut.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: K Law > K Law (General)
Unit atau Lembaga: Fakultas Hukum > Hukum
Depositing User: girl 123 456
Date Deposited: 07 Apr 2011 05:48
Last Modified: 12 Oct 2011 07:23
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/10219

Actions (login required)

View Item View Item