Repository Universitas Andalas

Proses Pembuktian Tindak Pidana Abortus Provokatus Kriminalis Di Persidangan Pengadilan Negeri Kelas 1A Padang

Desvyati, Rorif (2008) Proses Pembuktian Tindak Pidana Abortus Provokatus Kriminalis Di Persidangan Pengadilan Negeri Kelas 1A Padang. Other thesis, Fakultas Hukum.

[img]
Preview
PDF (Proses Pembuktian Tindak Pidana Abortus Provokatus Kriminalis Di Persidangan Pengadilan Negeri Kelas 1A Padang) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (392Kb) | Preview

Abstract

Abortus provckatus kriminalis adalah suatu iitrtiakan atau perbuatan menghentikan kehamilan atau mearatikar janin sebelum waktu kelahiran yang dilakukan secara melawan hukum. Dalam Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP), tindak pidana abortus provokatus kriminalis ini diatur secara ketat dalam beberapa pasal yaitu Pasal 283, Pasal 299, Pasal 346 sampai dengan Pasal 349, dan Pasal 350 KUHP. Akan tetapi kekakuan KUHP dalam mengatur tindak pidana abortus provokatus kriminalis ini diimbangi oleh ketentuan Undang-undang No. 23 Tahun 1992 tentang kesehatan yang membolehkan dilakukannya abortus provokatus dengan indikasi medik terteniu. Tindak pidana abortus provokatus kriminalis merupakan tindak pidana biasa (gewone delichten), yaitu tindak pidana yang pelakunya dapat dituntut pidana tanpa harus ada pengaduan dari pihak yang merasa dirugikan oleh perbuatan tersebut.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: K Law > K Law (General)
Unit atau Lembaga: Fakultas Hukum > Hukum
Depositing User: girl 123 456
Date Deposited: 07 Apr 2011 05:48
Last Modified: 03 Oct 2011 09:20
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/10223

Actions (login required)

View Item View Item