Repository Universitas Andalas

TINJAUAN YURIDIS PERADILAN DELIK PENODAAN AGAMA ( STUDI KASUS AL-QIYADAH AL-ISLAMIYAH DI PADANG)

Saputra, Ardi Dedek (2008) TINJAUAN YURIDIS PERADILAN DELIK PENODAAN AGAMA ( STUDI KASUS AL-QIYADAH AL-ISLAMIYAH DI PADANG). Other thesis, Fakultas Hukum.

[img]
Preview
PDF (TINJAUAN YURIDIS PERADILAN DELIK PENODAAN AGAMA ( STUDI KASUS AL-QIYADAH AL-ISLAMIYAH DI PADANG)) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (409Kb) | Preview

Abstract

Indonesia adalah negaru dengan masyarakat yang majemuk dan plural, termasuk pluralitas agama. Hal ini memungkinkan terjadinya persinggungotr antar paham- paham keagamaan baik intern dalam agama maupun secara lintas agama. Salah satu dari persinggungan itu adalah munculnya aliran/liepercayaan yang diduga bertentangan dengan ajaran-ajaran dan hukum agama yang teiah diyakini kebenarannya dalam masyarakat dan tidak jarang menimbuikan penolakan yang berakibat pada timbultrya gangguan ketertiban dan ketentraman umum. Guna mengatasi masalah itu, maka pemerintah mengeluarkan UU No. 1/Pnps/1965 tentang pencegahan penyalahgunaan danlatau penodaan agama yang pada salah satu pasalnya memerintahkan pembentuk undang-undang untuk menambahkan satu pasal dalam KUFIPidana yaitu Pasal 156a.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: K Law > K Law (General)
Unit atau Lembaga: Fakultas Hukum > Hukum
Depositing User: girl 123 456
Date Deposited: 07 Apr 2011 05:47
Last Modified: 07 Oct 2011 05:58
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/10232

Actions (login required)

View Item View Item