Repository Universitas Andalas

Konflik Kepribadian Tokoh Dalam Novel Beri Aku Dunia "Banci Juga Manusia" (Tinjauan Psikologi Sastra)

Zulkarnain, Febrianty (2008) Konflik Kepribadian Tokoh Dalam Novel Beri Aku Dunia "Banci Juga Manusia" (Tinjauan Psikologi Sastra). Other thesis, Fakultas Sastra.

[img]
Preview
PDF (Konflik Kepribadian Tokoh Dalam Novel Beri Aku Dunia "Banci Juga Manusia" (Tinjauan Psikologi Sastra)) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (363Kb) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan terhadap novel Beri Aku dunia "Banci Juga Mausio" karya Andy Stevenio dengan meggunakan pendekatan Psikologi Sastra. Penelitian ini berdasarkan teori Psikoanalisis Sigmund Freud tentang id, ego, dan superego; Psikologi Abnormal Geral C. Davison tentang gangguan identitas gender; Psikologi Carl Gustav Jung tentag anima dan animus yang terdapat dalam jiwa seseorang; dan Psikologi kerja Pandji Anoraga; serta ditunjang dengan analisis intrinsik untu membantu dalam analisis psikologi terhadap karya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif yang menghasilkan data tertulis dari peristiwa yang dialami dalam novel ini. Teknik yang digunakan adalah teknik pengumpulan data, menganalisis data, dan menyajikan data. Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan bagaimana konflik kepribadian yang terjadi pada tokoh utama, yaitu Ari terhadap lingkungan dimana ia berad4 penyebab konflik terjadi, akibat serta solusi atas konflik kepribadian tersebut. Pada penelitian kali ini menghasilkan konflik kepribadian yang dialami tokoh utama, yaitu Ari yang mempunyai fisik laki-laki , namun mempunyai jiwa perempuiul sejak ia lahir atau bisa dikatakan bahwa setiap diri manusia sejak lahir telah mempunyai atimadan animus dalam dirinya. Anima adalah segi wanita atau feminim pada seorang pria; sedangkan animus adalah penjelmaan sifat laki-laki dalam rupa manusia, sifat laki-laki yang terdapat dalam alam tak sadar wanita. Akibat dari jiwa Ari yang feminim tersebut, dia mengalami kecemasan karena ketidakmampuannya menyelesaikan persoalan atau konflik sehingga terjadinya diskriminasi di lingkungan tempat ia berada. Selain megalami cemas Ari juga mengalami adanya gangguan kepribadian menghindar karena Ari merasa takut terhadap kemungkinan timbulnya kritikan, penolakan, atau ketidaksetujuan dari orang lain sehingga Ari enggan menjalin hubungan, kecuali jika Ari merasa yakin bahwa dirinya akan disukai. Maka muncullah stres pada dirinya atas apa yang terjadi pada dirinya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Unit atau Lembaga: Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Indonesia
Depositing User: girl 123 456
Date Deposited: 07 Apr 2011 05:46
Last Modified: 12 Oct 2011 02:23
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/10250

Actions (login required)

View Item View Item