Repository Universitas Andalas

PEMBERHENTIAN PRESIDEN MENURUT UNDANG-UNDANG 1945 ( studi Kasus Pemberhentian Presiden Abdurrahman Wahid )

Wiharman, Yosep (2008) PEMBERHENTIAN PRESIDEN MENURUT UNDANG-UNDANG 1945 ( studi Kasus Pemberhentian Presiden Abdurrahman Wahid ). Other thesis, Fakultas Hukum.

[img]
Preview
PDF (PEMBERHENTIAN PRESIDEN MENURUT UNDANG-UNDANG 1945 ( studi Kasus Pemberhentian Presiden Abdurrahman Wahid )) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (343Kb) | Preview

Abstract

Ketika pembahasan perubahan ketiga UUD 1945, terjadi peristiwa ketatanegaraan yang besar di Indonesia. Presiden Abdunahman Wahid diberhentikan oleh Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR). Namun kasus pemberhentian Presiden Abdunahman Wahid ini masih menyisakan persoalan di seputar pemberhentian ini menyangkut persoalan konstitusionalnya. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian itu adalah bagaimanakah aspek konstitusional pemberhentian Presiden Abdunahman Wahid ditinjau dari hukum tata Negara.penelitian ini adalah termasuk penelitian hukum normatif. Dari penelitian yang dilakukan diperoleh hasil bahwa temyata proses pemberhentian Presiden Abdunahman Wahid sudah dilakukan secara konstitusional. Kemudian, bahwa UUE 1945 tidak menyebutkan secara eksplisit mengenai prosedur pemberhentian presiden di tengah masajabatannya. UUO 1945 hanya memberikan satu ketentuan tentang kemungkinan pemberhentian presiden di tengah masa jabatannya, yakni Pasal 8 yang berbunyi, *Jika Presiden mangkat, berhenti, atau tidak dapat melalaftan kewajibannya dalam masa jabatannya, diganti oleh Wakil Presiden sampai habis waldunya.". Dilihat dari proses pemberhentian Presiden Abdurrahman Wahid terlihat bahwa pemberhentian presiden dibawah UUD 1945 sebelum perubahan ketiga, mencefininkan ciri padementer. Untuk itu perlu dilakukan pemurnian dan penguatan sistem presidensial. Sebaiknya materi pemberhentian presiden diatur dalam UUD 1945. Terakhir untuk mencapai semua itu, perubahan UUD 1945 mesti perlu dilalcukan untuk mengakomodir semua yang telah disebutkan di atas.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: K Law > K Law (General)
Unit atau Lembaga: Fakultas Hukum > Hukum
Depositing User: girl 123 456
Date Deposited: 07 Apr 2011 05:45
Last Modified: 11 Oct 2011 08:40
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/10273

Actions (login required)

View Item View Item