Repository Universitas Andalas

Tanda dan Makna Tanda Dalam Komunikasi Nonverbal Pada Permainan Bola Basket ( Tinjauau Semiotik )

Putra, Sadli Eka (2008) Tanda dan Makna Tanda Dalam Komunikasi Nonverbal Pada Permainan Bola Basket ( Tinjauau Semiotik ). Other thesis, Fakultas Sastra.

[img]
Preview
PDF (Tanda dan Makna Tanda Dalam Komunikasi Nonverbal Pada Permainan Bola Basket ( Tinjauau Semiotik )) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (343Kb) | Preview

Abstract

Pada permainan bola basket, wasit menggunakan tanda nonverbal untuk berkomunikasi dengan pemain, pelatih dan juri catat. Skripsi ini bertujuan untuk menemukan tanda-tanda apa saja yang terdapat dalam permainan bola basket, kemudian me4ielaskan apa makna dari tanda tersebut Penelitian ini menggunak^an jenis penelitian kulaitatif. Metode penyediaan data dilakukan dengan teknik simak dan dilanjutkan dengan teknik SBLC (Simak Bebas Libat Cakap), peneliti tidak terlibat langsung dalam komunikasi melain-k-an banya menyimak tanda yang diperagakan oleh perwakilan dari satu orang wasit dan pelatih. Pengananalisaan clata dilakukan dengan menggunakan metode padan Referensial dimaksudkan untuk mengacu pada makna yang dituju. Tahap penyajian data dilakukan secara Formal dan lqformal. Penyajianfurmal berupa foto, penyajian informal berupa uraian biasa atau bahasa tulis. Dari analisis yang penulis lakukan ditemukan 20 makna tanda yang digunakan dalam permainan bola basket, satu diantaranya merupakan makna perintah, dan 19 makna tanda lainnya adalah makna untuk memberitahukan pelanggaran dan kesalahan yang dilakukan pemain dalam permainan bola basket.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Unit atau Lembaga: Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Indonesia
Depositing User: girl 123 456
Date Deposited: 07 Apr 2011 05:43
Last Modified: 11 Oct 2011 03:32
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/10286

Actions (login required)

View Item View Item