Repository Universitas Andalas

Perempuan Bali Dalam Ikatan Kasta (Analisis Sosiologi Terhadap Novel Kenanga Karya Oka Rusmini

Safitri, Ririn (2008) Perempuan Bali Dalam Ikatan Kasta (Analisis Sosiologi Terhadap Novel Kenanga Karya Oka Rusmini. Other thesis, Fakultas Sastra.

[img]
Preview
PDF (Perempuan Bali Dalam Ikatan Kasta (Analisis Sosiologi Terhadap Novel Kenanga Karya Oka Rusmini) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (318Kb) | Preview

Abstract

Penulisan ini berupa hasil penelitian terhadap Novel Kenangan Karya Oka Rusmini. Penelitian ini bertolak dari sistem yang terdapat pada masyarakat Bali, yaitu sistem kasta. Sehingga perempuan yang ada dalam kondisi kemasyarakatannya mengalami keterikatan yang tidak memungkinkan mereka untuk bertindak lepas dari aturan adat yang ada. Gambaran yang diberikan dalam novel ini adalah gambaran perempuan yang terikat oleh sistem kasta di Bali. Untuk menemukan refleksi perempuan dalam ikatan kasta, nraka digunakan tinjauan sosiologi sastra setelah sebelumnya digunakan tiqjauan struktural untuk mengungkap unsur-unsur pembangun karya (novel). Setelah dilakukan pendekatan itu, maka didapatka bahwa keterikatan yang dialami perempuan dalam sistem kasta tidak lranya dirasakan oleh perempuan Sudra (Jaba Wangsa) saja tapi juga perempuan Brahmana (Tri Wangsa). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Metode ini bertujuan untuk mendeskripsikan kejadian-kejadian yang terjadi di dalam novel secara sisternatis, dibantu dengan analisis struktural. Penelitian ini menemukan bentuk-bentuk keterikatan dan perlawanan perempuan dalam ikatan kasta, dan bagaimana novel sebagai karya sastra merefleksikan kondisi sosial masyarakat yang terjadi dalam ikatan kasta di Bali.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Unit atau Lembaga: Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Indonesia
Depositing User: girl 123 456
Date Deposited: 07 Apr 2011 05:43
Last Modified: 07 Oct 2011 03:56
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/10288

Actions (login required)

View Item View Item