Repository Universitas Andalas

Cerminan Budaya Masyarakat Minangkabau Dalam Kaha Sutan Lembak Tuah Kajian Antrapologi Sastra

Sari, Yulia Permata (2008) Cerminan Budaya Masyarakat Minangkabau Dalam Kaha Sutan Lembak Tuah Kajian Antrapologi Sastra. Other thesis, Fakultas Sastra.

[img]
Preview
PDF (Cerminan Budaya Masyarakat Minangkabau Dalam Kaha Sutan Lembak Tuah Kajian Antrapologi Sastra) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (323Kb) | Preview

Abstract

Masalah yang dibahas dan dianalisis dalam penelitian Kaba Sutan Lembak Tuah kajian antropologi sastra adalah unstlr-unsur yang membangun Kaba Sutan Lembak Tuah dan tradisi-tradisi masyarakat Minangkabau dalam Kaba Sutan Lembak Tuah. Tradisi itu berupa gambaran kebudayaan masyarakat Minangkabau dalam menjalani kehidupan sosial bermasyarakat. Tujuan dilakukannya penelitian ini untuk mengetahui kebudayaan masyarakat Minangkabau khususnya di tempat latar Kaba Sutan Lembak Tuah diciptakan yaitu di Bukittinggi. Analisis ini menggunakan kajian antropologi sastra. Antropologi sastra mempermasalahkan karya sastra dalam hubungan manusia sebagai penghasil kebudayaannya. Melalui karya sastra dapat dipahami keberagaman manusia dengan kebudayaanya. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Dalam penelitian ini menjelaskan analisis struktural berupa unsur intrinsik di antaranya tem4 latar, tokoh dan penokohan, plot, gaya bahasa, serta amanat. Analisisan ini menghubungkan unsur intrinsik yang satu dengan unsur intrinsik yang lain. Selanjutnya, menjelaskan bentuk-bentuk kebudayaan masyarakat Minangkabau di antaranya sistem religi, sistem organisasi sosial, sistem perkawinan, dan sistem mata pencarian. Hal ini menjelaskan tradisi-tradisi dalam KSLT yang terbentuk dari unsur-unsur kebudayaan. Lebih lanjut, menjelaskan gambaran kebudayaan masyarakat Minangkabau dalam Kaba Sutan Lembak Tuah berupa tradisi mendoa, tradisi musyawarah, tradisi batimbang tando, dan tradisi merantau. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa terdapat gambaran kebudayaan berupa tradisi-tradisi masyarakat Minangkabau dalam Kaba Sutan Lembak Tuah di antaranya mendoa" bermusyawarah, batimbang tando, dan merantau. Tradisi yang memaparkan sebuah penegasan terhadap unsur-unsur yang membangun Kaba Sutan Lembak Tuah. Tradisi-tradisi masyarakat tersebut ditampilkan pengarang untuk memperkuat latar sosial dan latar tempat. Selain itu, juga mempertegas karakter tokoh yang ada di dalam kaba tersebut.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Unit atau Lembaga: Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Minangkabau
Depositing User: girl 123 456
Date Deposited: 12 May 2011 06:40
Last Modified: 10 Oct 2011 03:06
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/10301

Actions (login required)

View Item View Item