Repository Universitas Andalas

TANGGUNG JAWAB PARA PIHAK DALAM PELAKSANAAN PERJANJIAN GADAI PADA PERUM PEGADAIAN CABANG ULAK KARANG PADANG

Flanova, Selvi (2008) TANGGUNG JAWAB PARA PIHAK DALAM PELAKSANAAN PERJANJIAN GADAI PADA PERUM PEGADAIAN CABANG ULAK KARANG PADANG. Other thesis, Fakultas Hukum.

[img]
Preview
PDF (TANGGUNG JAWAB PARA PIHAK DALAM PELAKSANAAN PERJANJIAN GADAI PADA PERUM PEGADAIAN CABANG ULAK KARANG PADANG) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (429Kb) | Preview

Abstract

Perum Pegadaian merupakan satu-satunya lembaga keuangan bukan Bank yang berfungsi menyalurkan kredit kepada masyarakat atas dasar hukum gadai. Didalam melaksanakan fungsinya sebagai penyalur kredit pada masyarakat, Perum Pegadaian berpedoman pada prinsip mudah, cepat, aman dan hemat. Dalam pelaksanaan perjanjian tersebut adakalanya terjadi wanprestasi yang menyebabkan timbulnya tanggung jawab dari para pihak. Prosedur untuk mendapatkan kredit hanya membutuhkan waktu beberapa saat saja. Seorang calon debitur datang ke kantor cabang Perum Pegadaian dengan membawa barang bergerak yang akan dijadikan jaminan. Selanjutnya kedua belah pihak mengadakan perjanjian, dimana isi dari perjanjian tersebut dicantumkan di dalam Surat Bukti Kredit (SBK). Dengan telah ditandaanganinya SBK ini, maka sejak saat itu perjanjian gadai telah terjadi dimana kredit itu telah dapat dikeluarkan. Berdasarkan hal tersebut diatas, penulis mencoba mengangkat dan meneliti bagaimana prosedur lahirnya perjanjian gadai, bagaimana pelaksanaan perjanjian gadai dan bagaimana tanggung jawab para pihak apabila tedadi wanprestasi. Studi kasus pada Kantor wilayah perum Pegadaian Padang.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: K Law > K Law (General)
Unit atau Lembaga: Fakultas Hukum > Hukum
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 12 May 2011 06:39
Last Modified: 07 Oct 2011 07:44
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/10303

Actions (login required)

View Item View Item