Repository Universitas Andalas

LESBIAN DALAM NOVEL UTSUKUSHISA TO KANASHIMI TO KARYA KAWABATA YASUNARI TINJAUAN PSIKOLOGI

Susanti, Dewi (2008) LESBIAN DALAM NOVEL UTSUKUSHISA TO KANASHIMI TO KARYA KAWABATA YASUNARI TINJAUAN PSIKOLOGI. Other thesis, Fakultas Sastra.

[img]
Preview
PDF (LESBIAN DALAM NOVEL UTSUKUSHISA TO KANASHIMI TO KARYA KAWABATA YASUNARI TINJAUAN PSIKOLOGI) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (330Kb) | Preview

Abstract

Karya sastra merupakan suatu hal yang kompleks dan mendalam tentang kehidupan manusia. Novel merupakan salah satu karya sastra yang mengangkat tema permasalahan manusia dan sekitarnya dalam bentuk suatu alur yang indah dan menarik untuk dibaca. Usukushisa to kanashimi to merupakan salah satu novel Jepang yang menceritakan tentang salah satu fenomena yang terdapat dalam masyarakat Jepang, yaitu lesbian yang terjadi antara tokoh Keiko dan Otoko. Novel ini merupakan karya Kawabata Yasunari yang diterbitkan pada tahun 1964. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penyebab terjadinya hubungan lesbian, bagaimana bentuk hubungan lesbian dan apa dampak psikologis hubungan tersebut bagi kedua tokoh. Teori yang dipakai untuk mencapai tujuan ini adalah dengan menggunakan teori struktural dinamik dengan pendekatan psikologi, khusudnya psikologi abnormal mengenai lesbian. Metode penelitian yang dipakai adalah metode kualitatif yang akan menghasilkan data deskriptif berupa tulisan atau lisan dari orang atau prilaku yang dapat diamati, sedangkan teknik yang ditempuh adalah studi kepustakaan. Dari penelitian ini dapat diketahui bahwa lesbian dalam novel ini terjadi karena rasa kagum yang berlebihan dan hidup bersama dalam waktu yang lama, sehingga menimbulkan hubungan cinta yang menyimpang. Keiko sangat mencintai Otoko, karena itu ia sangat cemburu ketika mengetahui Otoko masih mencintai Oki, meskipun Oki telah mengecewakannya dimasa lalu. Keiko pun membalas dendam kepada Oki dengan alasan membalaskan sakit hati Otoko kepada Oki.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Unit atau Lembaga: Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Jepang
Depositing User: girl 123 456
Date Deposited: 05 May 2011 04:32
Last Modified: 11 Oct 2011 03:06
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/10326

Actions (login required)

View Item View Item