Repository Universitas Andalas

Pragmasemiotic Study of The Slogan and Signs of Nokia Cellular Mobile Advertisements

Febrisa, Lidya (2008) Pragmasemiotic Study of The Slogan and Signs of Nokia Cellular Mobile Advertisements. Other thesis, Fakultas Sastra.

[img]
Preview
PDF (Pragmasemiotic Study of The Slogan and Signs of Nokia Cellular Mobile Advertisements) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (358Kb) | Preview

Abstract

Tanda-tanda yang terdapat dalam iklan selular Nokia dibahas dalam skripsi ini. Tanda yang ada dibagi atas dua macam yaitu linguistik dan non linguistik. Tujuan penulisan skripsi ini adalah untuk mendeskripsikan kaidah pragmatik- semiotik dalam pesan iklan selular Nokia yang disampaikan melalui penggunaan tanda dan bahasa slogan. Analisis dilakukan melalui tinjauan pragmatik-semiotik yang dihubungkan dengan fungsi komisif tindak tutur - komitmen dan janji yang ditawarkan oleh produsen. Data diambil dari iklan di internet dan brosur selular Nokia sebanyak 10 iklan Kemudian analisis data dilakukan dengan menggunakan metode padan referensial dan distribusional. Selanjutnya penelitian ini menggunakan teori tahapan signifikasi (order of signiJication) yang dikemukakan oleh Roland Barthes. Dalam hal ini Barthes mengemukakan bahwa ada dua unsur pembentuk tanda yang drjabarkan lebih luas dari konsep sistem tanda yang pertama kali dikemukakan oleh Ferdinand de Saussure, penanda dan petanda Sistem tanda tersebut yaitu metabahasa dan objek bahasa. Seterusnya penulis menjabarkan hubungan antara metabahasa dan objek bahasa dengan mengidentifftasikan p�san-pesan denotasi dan konotasi sehingga pesan yang disampaikan pembuat iklan dapat diinterpretasikan oleh pembaca. Dari analisis makna dan tanda dalam iklan NoHa, diketahui bahwa terciptanya pesan-pesan yang mengidentikan telepon selular dengan gaya hidup, simbol martabat diri, status Sosial dan sarana hiburan. Kemudian didapatkan beberapa faktor yang mempengaruhi pilihan penggunuum selular Nokia dari konsumen yang berbeda kelas. Hal ini ditunjukan dari hasil penyebaran kuisioner kepada karyawan PT. Semen Padang dan siswa Sekolah Menengah Umum I Kota Solok. Harga yang bersaing, kualitas yang menjamin dan desain yang bervariasi menjadi alasan konsumen untuk memilih produk selular Nokia.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Unit atau Lembaga: Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Inggris
Depositing User: girl 123 456
Date Deposited: 05 May 2011 04:15
Last Modified: 04 Oct 2011 04:30
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/10340

Actions (login required)

View Item View Item