Repository Universitas Andalas

PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP KONSUMEN PEMAKAI KOSMETIK YANG MENGANDUNG HIDROQUINON (Study pada Balai Besar POM di Padang)

Komalasari, Victorya (2008) PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP KONSUMEN PEMAKAI KOSMETIK YANG MENGANDUNG HIDROQUINON (Study pada Balai Besar POM di Padang). Other thesis, Fakultas Hukum.

[img]
Preview
PDF (PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP KONSUMEN PEMAKAI KOSMETIK YANG MENGANDUNG HIDROQUINON (Study pada Balai Besar POM di Padang)) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (503Kb) | Preview

Abstract

Belakangan ini banyak dari alat-alat kosmetik yang dicemari. Ditjen POM melansir, 27 produk kosmetik berbahaya yang dapat menyebabkan kanker dan kerusakan otak permanent, 2 diantaranya kosmetik yang mengandung hidroquinon diatas 2%. Bahkan yang lebih menyeramkan, kosmetik tersebut beredar bebas di pasaran. pada dasarnya kandungan hidroquinon ini telah dilarang penggunaanya dalam kadar diatas 2% pada Peraturan Menteri Kesehatan RI No.445/MENKES/PER/V/1998 karena penggunaan bahan tersebut merusak kesehatan. Akan tetapi pihak pelaku usaha tidak menghiraukannya. Dengan makin maraknya peredaran kosmetik yang mengandung hidroquinon dan bahan berbahaya tersebut dalam konsentrasi yang tinggi maka diperlukan upaya yang menjamin adanya kepastian hukum untuk diberikan kepada pihak konsumen dan juga sebagai upaya jaminan perlindungan terhadap konsumen sebagai pihak yang posisinya kurang menguntungkan bila dibandikan keberadaan pelaku usaha itu sendiri.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: K Law > K Law (General)
Unit atau Lembaga: Fakultas Hukum > Hukum
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 05 May 2011 04:11
Last Modified: 05 Oct 2011 02:33
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/10346

Actions (login required)

View Item View Item