Repository Universitas Andalas

ANALISIS RENCANA PERUBAHAN BENTUK BADAN HUKUM BANK PEMBANGUNAN DAERAH (BPD) SUMATERA BARAT DARI PERUSAHAAN DAERAH MENJADI PERSEROAN TERBATAS (PT)

Okmanta, Refla (2008) ANALISIS RENCANA PERUBAHAN BENTUK BADAN HUKUM BANK PEMBANGUNAN DAERAH (BPD) SUMATERA BARAT DARI PERUSAHAAN DAERAH MENJADI PERSEROAN TERBATAS (PT). Other thesis, Fakultas Hukum.

[img]
Preview
PDF (ANALISIS RENCANA PERUBAHAN BENTUK BADAN HUKUM BANK PEMBANGUNAN DAERAH (BPD) SUMATERA BARAT DARI PERUSAHAAN DAERAH MENJADI PERSEROAN TERBATAS (PT)) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (686Kb) | Preview

Abstract

Bank adalah badan usaha yang menghimpun dana dari masyarakat dalam bentuk simpanan dan atau bentuk lainnya dan menyalurkannya kembali kepada masyarakat dalam bentuk kredit dan atau bentuk-bentuk lainnya dalam rangka meningkatkan taraf hidup rakyat banyak. Bank dalam melaksanakan usahanya bergantung pada jenis dan bentuk badan hukumnya. Bank Pembangunan Daerah Sumatera Barat yang berbentuk Perusahaan Daerah merupakan salah satu bentuk usaha perbankan yang dimiliki oleh Pemerintah Daerah. Objek dari penelitian ini adalah bentuk badan hukum Bank Pembangunan Daerah Sumatera Barat yang akan melaksanakan perubahan dari Perusahaan Daerah menjadi Perseroan Terbatas. Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah bersifat Yuridis Normatif dengan melakukan pendekatan inventarisasi Perundang-undangan yang terkait dengan masalah penelitian ini serta terhadap asas hukumnya. Dalam rangka perubahan bentuk badan hukumnya tersebut, Bank Pembangunan Daerah Sumatera Barat harus menempuh langkah-langkah yang telah ditetapkan oleh peraturan perundangan yang ada dan perubahan bentuk ini akan menimbulkan akibat-akibat hukum terhadap bank tersebut yaitu antara lain terhadap Nama bank, Sifat dan Tujuan, Modal dan Saham, Organisasi dan Manajemen, Usaha bank dan Sumber Daya Manusia serta diharapkan akan mendatangkan beberapa aspek positif seperti terhadap pengelolaan bank, Peningkatan kepercayaan masyarakat, Peningkatan modal bank, Peningkatan kinerja serta keuntungan bank. Jadi perubahan ini merupakan suatu langkah awal yang bagus bagi perkembangan bank tersebut serta diharapkan akan menimbulkan dampak yang baik bagi keberadaan Bank Pembangunan Daerah Sumatera Barat tersebut dalam persaingan usaha dibidang perbankan saat ini yang begitu ketat dan kompetitif agar tetap dapat bertahan dalam menyediakan jasa dibidang keuangan bagi masyarakat nasabah yang membutuhkannya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: K Law > K Law (General)
Unit atau Lembaga: Fakultas Hukum > Hukum
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 18 Apr 2011 02:19
Last Modified: 06 Oct 2011 02:57
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/10348

Actions (login required)

View Item View Item