Repository Universitas Andalas

JENIS IKAN FAMILI LABRIDAE DI PERAIRAN TELUK LAMPUNG, KABUPATEN LAMPUNG SELATAN, PROVINSI LAMPUNG

Pasisa, Deora Westa (2008) JENIS IKAN FAMILI LABRIDAE DI PERAIRAN TELUK LAMPUNG, KABUPATEN LAMPUNG SELATAN, PROVINSI LAMPUNG. Other thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

[img]
Preview
PDF (JENIS IKAN FAMILI LABRIDAE DI PERAIRAN TELUK LAMPUNG, KABUPATEN LAMPUNG SELATAN, PROVINSI LAMPUNG) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (362Kb) | Preview

Abstract

Penelitian tentang jenis-jenis ikan Famili Labridae di perairan Teluk Lampung, Kabupaten Lampung Selatan, Provinsi Lampung telah dilakukan pada bulan Maret 2009 sampai Januari 2010. Pengambilan sampel dilakukan pada tanggal 24 Maret 2009 sampai 30 Maret 2009. Identifikasi dilakukan di Museum Zoologi, Universitas Andalas, Padang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis-jenis ikan famili Labridae yang berada di perairan Teluk Lampung, Kabupaten Lampung Selatan, Provinsi Lampung dan mendeskripsikannya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode observasi langsung dengan menggunakan pukat pantai (beach seine), dilakukan pada delapan titik secara purposive sampling. Dari hasil penelitian didapatkan 136 individu yang terdiri dari tujuh jenis dalam dua genera yaitu Halichoeres dan Stethojulis dari Sub Famili Corinae. Jenis yang paling banyak di dapatkan adalah dari genus Halichoeres, yaitu lima jenis yang terdiri dari Halichoeres argus (15 individu), H scapularis (1 individu), H. cloropterus (67 individu) H. melanuras (9 individu) dan Leptojulis cyanopleura (1 individu), dengan total 93 individu. Sedangkan genus Stethojulis yang didapatkan sebanyak 43 individu dalam dua jenis yaitu Stethojulis strigiventer (17 individu) dan S. interrupta (26 individu).

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QL Zoology
Unit atau Lembaga: Fakultas MIPA > Biologi
Paca Sarjana > Doktor > Fakultas MIPA > Biologi
Fakultas MIPA > Biologi
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 05 May 2011 04:10
Last Modified: 06 Oct 2011 08:27
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/10356

Actions (login required)

View Item View Item