Repository Universitas Andalas

Tanggung Jawab Perdata PT. Famili Raya Terhadap Masyarakat Akibat Penyempitan Sungai (Studi Kasus Bronjong (Cek Dam) Pabrik Karet PT. Famili Raya Kel. Banuaran dan Gurun Lawas Kec. Lubuk Begalung Padang)

Verina, Atika (2008) Tanggung Jawab Perdata PT. Famili Raya Terhadap Masyarakat Akibat Penyempitan Sungai (Studi Kasus Bronjong (Cek Dam) Pabrik Karet PT. Famili Raya Kel. Banuaran dan Gurun Lawas Kec. Lubuk Begalung Padang). Other thesis, Fakultas Hukum.

[img]
Preview
PDF (Tanggung Jawab Perdata PT. Famili Raya Terhadap Masyarakat Akibat Penyempitan Sungai (Studi Kasus Bronjong (Cek Dam) Pabrik Karet PT. Famili Raya Kel. Banuaran dan Gurun Lawas Kec. Lubuk Begalung Padang)) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (532Kb) | Preview

Abstract

Pada dasarnya masalah pencemaran itu diakibatkan oleh perbuatan-perbuatan manusia yang tidak bijaksana. Mulai dari perbuatan yang ceroboh, meningkat pada perbuatan yang tidak terencana secara masak sampai jenis perbuatan yang jahat. Kesemuanya itu ternyata dapat menimbulkan kerugian dan bahkan membahayakan kesejahteraan manusia dan lingkungan alamnya. Oleh karena itu apabila ditinjau dari sudut hukum perdata, maka pencemaran dan atau perusakan lingkungan hidup dapat diklasifikasikan sebagai perbuatan melanggar hukum atau tindak dursila yang dikenal dengan "Onrechtmatigedaad". Prinsip tanggung jawab di dalam hukum lingkungan dikembangkan suatu prinsip "Strict Liability" atau tanggung jawab mutlak, yaitu kewajiban si pelaku / polluter untuk membayar ganti rugi atas kerugian yang timbul segera setelah terjadinya kerugian dengan tidak mempersoalkan salah atau tidaknya seseorang, kelompok orang atau badan hukum yang menimbulkan kerugian cukup dinyatakan bertanggung jawab dalam perbuatan pencemaran dan atau perusakan lingkungan hidup, meskipun pada dirinya belum dinyatakan. Permasalahan yang diangkat dalam skripsi ini adalah bagaimana tanggung jawab PT. Famili Raya terhadap masyarakat akibat penyempitan sungai, hambatan-hambatan yuridis apa yang ditemui dalam penentuan ganti rugi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: K Law > K Law (General)
Unit atau Lembaga: Fakultas Hukum > Hukum
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 05 May 2011 04:10
Last Modified: 11 Oct 2011 05:39
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/10361

Actions (login required)

View Item View Item