Repository Universitas Andalas

Politeness Strategies Used by Men and Women in Showing Power and Solidarity as Found in The TV Serials "Desperate Housewives"

Amelia, Erika (2008) Politeness Strategies Used by Men and Women in Showing Power and Solidarity as Found in The TV Serials "Desperate Housewives". Other thesis, Fakultas Sastra.

[img]
Preview
PDF (Politeness Strategies Used by Men and Women in Showing Power and Solidarity as Found in The TV Serials "Desperate Housewives") - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (271Kb) | Preview

Abstract

Penggunaan strategi kesantunan berbahasa (Politeness Strategie) oleh laki- laki dan perempuan ini dibahas dalam skripsi. Ada pun tujuan penelitian ini adalah (1) untuk menentukan strategi kesantunan yang digunakan oleh laki-laki dan perempuan, (2) untuk mengetahui kemunculan power dan solidarif (solidaritas) dalam ujaran. Data diperoleh dari serial o'Desperate Housewives" yang diambil dengan teknik perekaman dan pencatatan. Data dianalisis dengan mengelompold<an ujaran ke dalam ujaran laki-laki dan perempuan. Kemudian ditentukan tipe strategi kesantunan yangdigunakan penutur dengan menggunakan teori Brown dan Levinson. Penulis jugamemakai teori Tannen untukmengkaji kemunculan power dan solidarity (solidaritas) yang muncul dalam ujaran penutur. Metode formal dan informal digunakan dalam penyajian data. Empat macam strategi pokok kesantunan berbahasa yutv bald on record, pasitive politeness, negative politeress, dan offrecord ditemukan di dalam skripsi ini. Ditemukan bahwa strategi kesantunan yang digunakan oleh laki-laki dan perempuan menunjukkan power dan solidarity (solidaritas). Dari keempat strategi kesantunan, ditemukan bahwa positive politeness (45,5%) lebih sering digunakan oleh penutur wanita yang menunjukkan nilai solidaritas. Sedangkan laki-laki cenderung lebih sering menggunakan negative politeness (50%) yang menandakan power.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Unit atau Lembaga: Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Inggris
Depositing User: girl 123 456
Date Deposited: 05 May 2011 04:09
Last Modified: 05 Oct 2011 06:53
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/10377

Actions (login required)

View Item View Item