Repository Universitas Andalas

The Impact of Capitalism in America in Early Twentieth Century as Reflected in John Steinbeck's The Pearl

Nugraha, Firman (2008) The Impact of Capitalism in America in Early Twentieth Century as Reflected in John Steinbeck's The Pearl. Other thesis, Fakultas Sastra.

[img]
Preview
PDF (The Impact of Capitalism in America in Early Twentieth Century as Reflected in John Steinbeck's The Pearl) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (327Kb) | Preview

Abstract

Skripsi ini merupakan pembahasan tentang dampak dampak negatif yang timbul akibat sistem ekonomi kapitalisme yang diterapkan oleh Pemerintah Amerika Serikat pada awal abad 20-an. Dampak dampak negatif yang timbul tersebut digambarkan secara tegas oleh John Steinbeck dalam salah satu karya terbaiknya yang berjudul The Pearl. Didalam novelnya John Steinbeck menggambarkan kekecewaanya dan sindirannya terhadap perubahan sikap yang te{adi akibat sistem ekonomi kapitalisme dimana masyarakat Amerika terlalu mengagungkan sisi materi dan latar belakang ekonomi sebagai sebuah tolak ukur seseorang dalam masyarakat. Selain itu, sistem ekonomi kapitalisme secara tidak langsung telah meciptakan kelompok kelompok sosial dalam masyarakat Amerika dimana mereka saling bertentangan satu dengan yang lainnya serta kepentingan yang berbeda pula sehingga masalah masalah sosial tidak dapat dihindari. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan teori mimesis dimana teori ini digunakan untuk membandingkan kejadian kejadian yang sebenarya dengan apa yang terjadi dalam novel. Selain itu, penulis juga menggunakan pendekatan Marxist dengan tenninologi refleksi yang diusung oleh Geog Lukack turtuk memeperlihatkan dampak dampak negative yang timbul akibat sistem ekonomi kapitalisme yang terjadi pada awal abad 20-an. Sementara itu, Metode kualitatif yang dijabarkan secara deskriptif digunakan penulis dalam menganalisa data karena data yang dianalisa dan hasil analisanya berbentuk kata-kata yang berisi kutipan-kutipan untuk mengisi materi analisa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Unit atau Lembaga: Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Inggris
Depositing User: girl 123 456
Date Deposited: 05 May 2011 04:04
Last Modified: 06 Oct 2011 06:49
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/10391

Actions (login required)

View Item View Item