Repository Universitas Andalas

Pragmasemiotic Study of Slogan and Sign in Some Banking Advertisement

Trisno, Lusianti (2008) Pragmasemiotic Study of Slogan and Sign in Some Banking Advertisement. Other thesis, Fakultas Sastra.

[img]
Preview
PDF (Pragmasemiotic Study of Slogan and Sign in Some Banking Advertisement) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (356Kb) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas tanda-tanda yang terdapat dalam iklan perbankan. Tanda yang ada dibagi atas dua macam yaitu tanda linguistik dan tanda non linguistik. Kedua tanda tersebut dijabarkan menurut frrngsinya dengan merujuk kepada diagram segitiga semiosis yang dikemukakan oleh Charles Sander Pierce. Tujuan penulisan skripsi ini adalah untuk mendeskripsikan kaidah pragmatik- semiotik dalam pesan iklan perbankan yang disampaikan melalui penggunium tanda dan bahasa slogan. Analisis dilakukan melalui tinjauan pragmatik-semiotik yang dihubungkan dengan fungsi direktif tindak tutur serta kaitannya dengan konteks yang mengikat. Data diambil dari iklan di intemet sebanyak 8 iklan. Kemudian analisis data dilakukan dengan menggunakan metode padan referensial dan distribusional. Selanjutnya penelitian ini mengguakan teori diagram segitiga semiosis yang dikemukakan oleh Charles Sander Pierce (dalam Chandler 2007). Dalam hal ini Pierce mengemukakan bahwa ada 3 faktor pembentuk interpretasi dari sebuah tanda yaitu, representomen (tanda), object (objek), interpretanl (interpretasi). Seterusnya penulis menjabarkan hubungan antara ketiga faktor tersebut dengan mengidentifikasikan pesan-pesan yang ada dengan menggunakan teori tindak tutur yang dikemukakan oleh Yule (1996) sehingga pesan yang ingin disampaikan pembuat iklan dapat diinterprdtasikan oleh pembaca. Dari analisis makna dan tanda dalam iklan perbankan, diketahui bahwa dalam upaya mempengaruhi pembacanya, pembuat iklan perbankan menggunakan metode yang sama yaitu menggabungkan tanda linguistik dan tanda non linguistik. Makna yang ada disampaikan secara tersirat oleh pembuat iklan guna menyampaikan pesan- pesan yang cenderung menyebutkan keuntungan-keultungan yang didapat oleh pengguna jasa bank. Di samping itu, pembuat iklan perbankan cenderung menggunakan warna yang cerah dan alami serta latar belakang iklan yang berbeda untuk menarik perhatian pembaca.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Unit atau Lembaga: Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Inggris
Depositing User: girl 123 456
Date Deposited: 05 May 2011 04:04
Last Modified: 11 Oct 2011 06:59
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/10393

Actions (login required)

View Item View Item