Repository Universitas Andalas

An Analysis of Illocutionary Acts in Insurance Advertisements

Adelin, Meyranti (2008) An Analysis of Illocutionary Acts in Insurance Advertisements. Other thesis, Fakultas Sastra.

[img]
Preview
PDF (An Analysis of Illocutionary Acts in Insurance Advertisements) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (328Kb) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas tindak ilokusi yang digunakan dalam iklan asuransi. Analisis difokuskan pada tipe-tipe tindak ilokusi. Selain itu juga dibahas fungsi komunikasi dari tindak ilokusi yang digunakan dalam iklan asuransi. Sumer data adalah iklan asuransi yang bersumber dari internet, maialah, dan brosur asuransi. Kemudian peneliti memilih ujaran-ujaran yang mengandung tindak ilokusi. Data dianalisis dengan menggunakan teori yang dikemukakan oleh Parker (1986) dan Trask (1999). Parker mengernukakan bahwa interaksi tindak tutur terdiri dari tindak tutur langsung literal, tindak tutur tidak langsung literal, tindak tutur langsung tidak literal, dan tindak tutur tidak langsung tidak literal. Trask mengemukakan bahwa fungsi-fungsi komunikasi antara lain menyampaikan informasi kepada orang lain, membujuk orang lain untuk melakukan sesuatu, menghibur diri sendiri atau orang lain, menyatakan keanggotaan suatu kelompok, menyatakan ciri khas, menyatakan emosi atau perasaan, memelihara hubungan baik atau buruk dengan orang lain, dan membangun representasi mental dari dunia. Hasil analisis menunjukkan bahwa iklan asuransi menggunakan semua jenis tindak tutur yang dikemukakan oleh Parker. Tindak tutur yang paling banyak muncul adalah tindak tutur tidak langung literal sebanyak enam belas ujaran. Sedangkan, tindak tutur tidak langsung literal sebanyak dua belas ujaran, tindak tutur langsung literal sebanyak tiga ujaran, dan tindak tutur langsung tidak literal sebanyak tiga ujaran. Selain itu juga ditemukan fungsi komunikasi dalam tiap ujaran pada data yang diperoleh. Fungsi komuniksai yang paling banyak muncul adalah menyatakan ciri khas dari masing-masing perusahaan asuransi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Unit atau Lembaga: Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Inggris
Depositing User: girl 123 456
Date Deposited: 05 May 2011 04:00
Last Modified: 05 Oct 2011 03:36
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/10404

Actions (login required)

View Item View Item