Repository Universitas Andalas

The Use of Politeness Strategies in Conversations of Some American and Indonesian Speakers in Bukittinggi

Fitri, Nurul (2008) The Use of Politeness Strategies in Conversations of Some American and Indonesian Speakers in Bukittinggi. Other thesis, Fakultas Sastra.

[img]
Preview
PDF (The Use of Politeness Strategies in Conversations of Some American and Indonesian Speakers in Bukittinggi ) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (368Kb) | Preview

Abstract

Penulis dalam penelitian ini membahas kesopanan berbahasa antara orang Amerika yang berkunjung ke Bukittinggi dan orang Indonesia yang tinggal di Bukittinggi. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan tipe=tipe kesopanan yang digunakan, dan tipe kesopanan yang dominan muncul dalam percakapan mereka. Proses pengumpulan data menggunakan metode observasi dengan teknik rekam. Data dianalisis dengan pendekatan pragmatis menggunakan teori kesopanan Brown dan Levinson. Selanjutnya data disajikan dalam bentuk penjelasan deskriptif dan didukung dengan tabel. Hasil analisis menunjukkan bahwa orang Amerika cenderung menggunakan tipe kesopanan Positive Politeness dalam berbicara dengan orang Indonesia. Hal ini dipengaruhi oleh nilai-nilai kesopanan dalam budaya Amerika yang cenderung bertutur kata langsung (direct speech) terhadap lawan bicara. Sedangkan orang Indonesia cenderung menggunakan tipe kesopanan Negative Politeness dalam percakapannya. Hai ini diseba-nkan oleh nilai-niiai kesopanan dalam budaya Indonesia yang cendenrng bertututur kata tidak langsung (indirect speech). Persentase kemunculan tipe-tipe kesopanan yang ditemukan dalam bentuk Bald on Record (7.5%), Positive Politeness (57.5%), Negative Politeness (30%) dan Off Record (5%). Sedangkan tipe strategi Don't do FTA tidak digunakan dalam percakapan tersebut. Selanjutnya, dalam penelitian ini ditemukan bahwa baik orang Amerika maupun orang Indonesia sama-sama kurang memahami nilai-nilai kesopanan dalam budaya lawan bicara, hal ini dikarenakan rnereka saling beradaptasi derrgan budaya lawan bicara. Dalam berkomunikasi dengan orang dari latar belakang budaya berbeda, mereka cenderung menggunakan aspek-aspek kesopanan dari budaya mereka sencliri, hal inilah yang memicu beberapa kesalah-pahaman daiam mengekspresikan strategi kesopanan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Unit atau Lembaga: Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Inggris
Depositing User: girl 123 456
Date Deposited: 05 May 2011 04:00
Last Modified: 07 Oct 2011 04:52
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/10407

Actions (login required)

View Item View Item