Repository Universitas Andalas

Penerapan Fungsi Pengawasan Dalam Pengelolaan PKL (Pedagang Kaki Lima) Oleh Dinas Pasar Kota Padang di Jalan Pasar Rayn

Ferdinanda, Harry (2008) Penerapan Fungsi Pengawasan Dalam Pengelolaan PKL (Pedagang Kaki Lima) Oleh Dinas Pasar Kota Padang di Jalan Pasar Rayn. Other thesis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

[img]
Preview
PDF (Penerapan Fungsi Pengawasan Dalam Pengelolaan PKL (Pedagang Kaki Lima) Oleh Dinas Pasar Kota Padang di Jalan Pasar Raya) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (462Kb) | Preview

Abstract

Fenomena keberadaan PKL ini, salah satu permasalahan yang sangat rumit dihadapi oleh pemerintatr kota. Keberadaan mereka sering bertentangan dengan nilai-nilai K3. Contoh nyata dari permasalahan ini adalah pada jalan pasar raya padang. Di mana jalan ini ditempati oleh berbagai macam para penjual kaki lima (PKL). Keberadaan mereka telah menyebabkan keadaan jalan ini menjadi penuh sesak dan kurang tertib. Pasar memang diperuntukkan untuk altivitas jual beli dan keberadaan PKL sudah meqiadi hal yang sewajarnya. Tetapi disaat jumlah PKL yang ada sudah melewati batas yang wajar dan sudatr mengganggu nilai-nilai K3 (kebersihan,ketertiban dan keamanan), diperlukan tindakan tegas untuk menjaga dan mencegah agar hal tersebut tidak terjadi. Untuk itu dinas pasar selaku pihak yang berwenang untuk menata, mengatur serta menertibkan PKL ini akan menjalankan suatu pola pengawasan tertentu dalam membina dan menata keberadaan PKL ini. Berkaitan dengan permasalah tersebut teori yang dipergunakan di dalam penelitian ini adalah teori yang berkaitan dengan fungsi pengawasan. Ada empat bentuk pengawasan yang dipergunakan, yakni pengawasan yang didasarkan kepada bentukny4 terbagi atas dua macam, yakni pengawasan melekat dan fungsional. Pengawasan yang didasarkan kepada sifatnya juga terbagi kedalam dua jenis, yakni p´┐Żngawasao preventif dan represif. Penelitian ini bertujuan untuk melihat dan mendescripsikan seperti apa bentuk dan sifat pengawa$ur yang dilakukan oleh dinas pasax terhadap keberadaan PKL di jalan pasar raya padang dalarn menciptakan K3 (kebersihan, keindahan dan ketertiban), serta untuk mengetahui kendala yang dihadapi dalam setiap pelaksanaan fungsi pengawasan tersebut. Dengan mempergunakan pendekatan kualibtif dengan tipe descriptif, penelitian ini telah menghasilkan suatu kesimpulan bahwa dari keempat jenis pengawasan yang dilalrukan oleh Dinas Pasaro terbukti semwurya masih belum efektif dalam membina PKL untuk menjaga dan menciptakan K3 di lingkungan jalan pasar raya padang. Banyaknya kendala yang dihadapi dari setiap jenis pengawasan yang dilalarkan menyebapkan ketidak efektifan ini. Keterbatasan pemimpin dalam meogawasi kinerja petugasny4 terjadinya perbenturan kewenangan antara dinas pasar dengan dinas perhubungan dalam menertibkan PKL yang berada di areal pa.rkir, jumlah petugas yang tidak mencukupi, hingga sifat dari petugas lapangan yang kurang responsif terhadap kondisi pasar merupakan beberapa hal yang menghambat pelaksanaan pengawasan tersebut. HaI ini berujung kepada kondisi jalan pasar raya yang kurang tertata dengan rapi dan jauh dari nilai-nilai K3.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Unit atau Lembaga: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Administrasi Negara
Depositing User: girl 123 456
Date Deposited: 12 May 2011 06:55
Last Modified: 04 Oct 2011 09:01
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/10444

Actions (login required)

View Item View Item