Repository Universitas Andalas

PERANAN VISUM ET REPERTUM UNTUK MENGUNGKAP TINDAK PIDANA PERKOSAAN PADA TAHAP PENYIDIKAN (Studi Kasus di Kepolisian Kota Besar Padang)

Vernandes, Hendry (2008) PERANAN VISUM ET REPERTUM UNTUK MENGUNGKAP TINDAK PIDANA PERKOSAAN PADA TAHAP PENYIDIKAN (Studi Kasus di Kepolisian Kota Besar Padang). Other thesis, Fakultas Hukum.

[img]
Preview
PDF (PERANAN VISUM ET REPERTUM UNTUK MENGUNGKAP TINDAK PIDANA PERKOSAAN PADA TAHAP PENYIDIKAN (Studi Kasus di Kepolisian Kota Besar Padang)) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (480Kb) | Preview

Abstract

Tindak pidana perkosaan merupakan salah satu kejahatan kesusilaan yang menyerang kehormatan wanita dimana terjadinya tindakan seksual ini dalam bentuk persetubuhan disertai ancaman kekerasan. Salah satu usaha aparat penegak hukum untuk mengungkap tindak pidana perkosaan pada tahap penyidikan ialah dengan meminta bantuan ahli sesuai yang diatur dalam pasal 133 ayat (1) Kitab Undang-Undang Hukum Acara Pidana. Keterangan dokter yang dimaksudkan tersebut dituangkan secara tertulis dalam bentuk surat hasil pemeriksaan medis yang disebut dengan Visum Et Repertun. Penelitian dilakukan di Kepolisian Kota Besar Padang bertujuan untuk a) mengetahui bagaimanakah peranan Visum Et Repertum untuk mengungkap suatu tindak pidana perkosaan pada tahap penyidikan, b) mengetahui apakah kendala pemanfaatan Visum Et Repertum untuk mengungkap suatu tindak pidana perkosaan pada tahap penyidikan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: K Law > K Law (General)
Unit atau Lembaga: Fakultas Hukum > Hukum
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 12 May 2011 07:18
Last Modified: 11 Oct 2011 05:39
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/10497

Actions (login required)

View Item View Item