Repository Universitas Andalas

PENERAPAN PIDANA TERHADAP ANAK YANG MELAKUKAN TINDAK PIDANA PEMBUNUHAN DI PENGADILAN NEGERI KELAS IB BANGKO

Fadhli, Alhadi (2008) PENERAPAN PIDANA TERHADAP ANAK YANG MELAKUKAN TINDAK PIDANA PEMBUNUHAN DI PENGADILAN NEGERI KELAS IB BANGKO. Other thesis, Fakultas Hukum.

[img]
Preview
PDF (PENERAPAN PIDANA TERHADAP ANAK YANG MELAKUKAN TINDAK PIDANA PEMBUNUHAN DI PENGADILAN NEGERI KELAS IB BANGKO) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (442Kb) | Preview

Abstract

Tindak pidana pembunuhan adalah suatu tindak pidana yang sangat berat ancaman pidananya karena kejahatan dalam bidang ini adalah kejahatan merampas nyawa orang lain. Tindak pidana pebunuhan ini diatur dalam KUHP pada pasal 338 sampai dengan pasal 349. Ancaman pidana dalam KUHP ini berlaku terhadap orang dewasa jika kejahatan terhadap nyawa manusia ini dilakukan oleh orang yang belum dewasa atau anak maka dapat diberlakukan Undang-Undang No. 3 Tahun 1997 tentang Undang- Undang Pengadilan Anak. Undang-Undang No. 3 Tahun 1997 tentang Undang-Undang Pengadilan Anak adalah Undang-Undang yang mengatur mengenai ketentuan-ketentuan mengenai anak yang melakukan kesalahan atau kejahatan dan Undang-undang ini berlaku hanya mengenai sidang terhadap anak nakal. Adapun perumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah : (a) Apakah penyebab anak melakukan tindak pidana pembunuhan di wilayah hukum Pengadilan Negeri Kelas IB Bangko, (b) Bagaimanakah penerapan pidana terhadap anak yang melakukan tindak pidana pembunuhan di Pengadilan Negeri kelas IB Bangko, (c) Apakah kendala dalam penerapan pidana terhadap anak yang melakukan tindak pidana pembunuhan di Pengadilan Negeri kelas IB Bangko. Adapun metode yang digunakan dalam penulisan ini adalah yuridis sosiologis maksudnya penelitian ini pada dasarnya merupakan penelitian dibidang ilmu sosial tetapi digunakan untuk mengkaji dan meneliti masalah-masalah hukum atau pelaksanaan- pelaksanaan hukum khususnya pada penerapan pidana terhadap anak yang melakukan tindak pidana pembunuhan. Pada penelitian tersebut ditemui bahwa penyebab anak melakukan tindak pidana pembunuhan di wilayah Pengadilan Negeri Kelas IB Bangko adalah keinginan anak untuk memiliki kendaraan roda dua, kemampuan ekonomi yang lemah, keadaan keluarga yang kurang mendukung, dan pengaruh lingkungan yang kurang baik. Penerapan pidana terhadap anak yang melakukan tindak pidana pembunuhan di Pengadilan kelas IB Bangko telah dilaksanakan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang ada. Kendala dalam penerapan pidana terhadap anak yang melakukan tindak pidana pembunuhan di Pengadilan Kelas IB Bangko adalah pelaku tindak pidana adalah anak sedangkan korbannya juga anak sehingga faktor yang meringankan dan memberatkan saling bertentangan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: K Law > K Law (General)
Unit atau Lembaga: Fakultas Hukum > Hukum
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 12 May 2011 07:20
Last Modified: 04 Oct 2011 02:46
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/10507

Actions (login required)

View Item View Item