Repository Universitas Andalas

Strategi Tim Sukses Pasangan Josrizal Zain dan Syamsul Bahri Dalam Memenangkan Pilkada Walikota Payakumbuh Tahun 2007

ERNAWATI, ERNAWATI (2008) Strategi Tim Sukses Pasangan Josrizal Zain dan Syamsul Bahri Dalam Memenangkan Pilkada Walikota Payakumbuh Tahun 2007. Other thesis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

[img]
Preview
PDF (Strategi Tim Sukses Pasangan Josrizal Zain dan Syamsul Bahri Dalam Memenangkan Pilkada Walikota Payakumbuh Tahun 2007) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (402Kb) | Preview

Abstract

Pemilihan kepala daerah menurut UU No. 32 Tahun 2004 dilaksanakan secara langsung. Dalam peraturan pemerintah ( PP ) no. 6 tahun 2005 yang disempurnakan dengan PP no. l7 tahun 2005 dinyatakan waktu pelaksanaan pilkada dimuiai pada Juni 2005. Pada pemilihan Walikota Payakumbuh yang lalu, pasangan Josrizal Zain dan Syamsul Bahri memenangkan pemilihan dengan menempati urutan pertama perolehan suara diikuti oleh pasangan Masrul Malik dan Risman Muchtar di urutan kedua dan menlusul dua pasangan lainnya. Dari data yang telah didapat, peroiehan suara pasangan Josrizai Zain dan Syamsul Bahri cukup signilikan hampir mencapai 50% dan perolehan suara ini merata di setiap daerah pemilihan di tiga kecamatan di kota Payakumbuh. Pada pilkada yang lalu, pasangan Josrizal Zain dan Syamsul Bahri di calonkan oleh PPP sedangkan pada waktu pemilihan anggota legislatif yang lalu tahun 2004 PPP bukanlah partai pemenang melainkan partai pernenang adalah Golkar dan PAN. Pada saat pilkada Walikota yang lalu, Golkar dan PAN berkoalisi dalam mengusung calon tetapi kenyataanya calon yang diusung oleh PPP berhasil mengalahkan calon yang diusung oleh partai besar bahkan berkoalisi terebut. Tentunya kemenangan yang telah diraih oleh pasangan Josrizal dan Syamsul tersebut tidak terlepas dari peran dan strategi yang dilakukan oleh tim sukses dalam rangka msmpengaruhi pilihan masyarakat menjelang pelaksanaan pilkada. Berdasarkan hal tersebut maka tujuan penelitian ini menggambarkan strategi tim sukses pasangan Josrizal Zain d.an Syamsul Bahri dalam memenangkan pilkada Walikota Payakumbuh tahun 20A7. Penelitian ini menggunakan konsep Politicai Marketing yang dikembangkan oleh Adman Nursal yaitu, Segmentasi, Targetting, dan Positioning. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan menggunakan tipe penelitian deskriptif. Dalam pengumpulan data menggunakan teknik wawancara mendalam ( Indepth Interview ). Teknik pemilihan informan memakai teknik purposive sampling, sedangkan analisa data menggunakan metode etik- emik. Dari hasil penelitian yang telah didapat, ditemukan strategi dari tim sukses pada saat pelaksanaan pilkada. Strategi yang dilakukan oleh tim sukses adalah: Pertama, Segmentasi yaitu segmen kecamatan dan kelurahan dengan membentuk posko atau kelompok pendukung sampai pada tingkat kelurahan yang ada di kota Payakumbuh. Kedua Targeting, dengan mengadakan sosialisasi untuk menarik simpati masyarakat dan dengan menggandeng tokoh masyarakat sebagai tim sukses atau simpatisan. Ketiga Positioning, ada dua strategi positioning yang dilakukan yaitu dengan menonjolkan figur dari kandidat dan juga dengan menonjolkan program kerja dari kandidat.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Unit atau Lembaga: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Depositing User: girl 123 456
Date Deposited: 12 May 2011 07:19
Last Modified: 03 Oct 2011 09:12
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/10510

Actions (login required)

View Item View Item