Repository Universitas Andalas

Persepsi Konstituen Terhadap Kongruensi Visi Misi Hasan Basri Agus-Cek Endra Menjadi Kebijakan Pembebasan Biaya Pendidikan Dan Kesehatan Tahun 2007 (Studi Terhadap Persepsi Konstituen Pasangan Kepala Daerah Kabupaten Sarolangun, Provinsi Jambi Periode 2006-2011)

Fitriana, Yunissa (2008) Persepsi Konstituen Terhadap Kongruensi Visi Misi Hasan Basri Agus-Cek Endra Menjadi Kebijakan Pembebasan Biaya Pendidikan Dan Kesehatan Tahun 2007 (Studi Terhadap Persepsi Konstituen Pasangan Kepala Daerah Kabupaten Sarolangun, Provinsi Jambi Periode 2006-2011). Other thesis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

[img]
Preview
PDF (Persepsi Konstituen Terhadap Kongruensi Visi Misi Hasan Basri Agus-Cek Endra Menjadi Kebijakan Pembebasan Biaya Pendidikan Dan Kesehatan Tahun 2007 (Studi Terhadap Persepsi Konstituen Pasangan Kepala Daerah Kabupaten Sarolangun, Provinsi Jambi Periode 200) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (425Kb) | Preview

Abstract

Penelitian ini melihat pandangan konstituen pasangan kepala daerah Kabupaten Sarolangun periode 2006-2011 terhadap kongruensi visi misi kepala daerah tersebut dengan kebijakan pembebasan biaya pendidikan dan berobat pada tahun 20A7 yang merupakan janji politik utama pasangan tersebut pada pilkada Kabupaten Sarolangun tahun 2006. Konsep yang digunakan dalam penelitian ini adalah konsep persepsi, konsep konstituen, konsep visi misi serta konsep kebijakan dan teori kemenonjolan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan tipe deskriptif. Adapun teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah kuisioner dan dokumentasi. Sedangkan analisa data menggunakan program SPSS 15.00 dengan analisa data menggunakan analisis frekuensi. Dari data yang didapatkan di lapangan, diketahui bahwa hampir seluruh responden memilih pasangan tersebut berdasarkan visi misi, sehingga konstituen pasangan ini dikategorikan sebagai pemilih rasional. Konstituen juga menilai bahwa kemenangan HBA-CE dikarenakan oleh visi misi mereka. Hasil pengujian hipotesa menunjukkan bahwa sebagian besar konstituen berpendapat bahwa ada kongruensi arfiaru visi misi dengan kebijakan pembebasan biaya pendidikan dan berobat pada tahun 2007. Persepsi konstituen terhadap kongruensi visi misi dengan kebijakan pada bidang pendidikan dan kesehatan pada tahun 2007, dapat dilihat bahwa persepsi konstituen lebih tinggi terhadap kebijakan pembebasan biaya pendidikan daripada kebijakan pembebasan biaya berobat, sehingga kesimpulan pada penelitian ini adalah persepsi konstituen terhadap kongruensi visi misi dengan kebijakan pembebasan biaya pendidikan lebih baik daripada persepsi konstituen terhadap kongruensi visi misi dengan kebijakan pembebasan biaya berobat. Hal ini disebabkan oleh pengetahuan konstituen terhadap prioritas anggaran untuk kebijakan pembebasan biaya pendidikan lebih tinggi daripada pengetahuan konstituen terhadap prioritas anggamn untuk kebijakan pembebasan biaya berobat, dari segi realisasi pun hasil yang nyata lebih terlihat pada kebijakan pembebasan biaya pendidikan dibandingkan dengan kebijakan pembebasan biaya berobat.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
Unit atau Lembaga: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Depositing User: girl 123 456
Date Deposited: 13 May 2011 08:31
Last Modified: 07 Oct 2011 06:56
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/10517

Actions (login required)

View Item View Item