Repository Universitas Andalas

PELAKSANAAN TUGAS HAKIM PENGAWAS DAN PENGAMAT DALAM UPAYA PEMBINAAN NARAPIDANA DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN KLAS II A PADANG (Studi Kasus di Pengadilan Negeri Kelas IA Padang)

Akrom, Alrizoma (2008) PELAKSANAAN TUGAS HAKIM PENGAWAS DAN PENGAMAT DALAM UPAYA PEMBINAAN NARAPIDANA DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN KLAS II A PADANG (Studi Kasus di Pengadilan Negeri Kelas IA Padang). Other thesis, Fakultas Hukum.

[img]
Preview
PDF (PELAKSANAAN TUGAS HAKIM PENGAWAS DAN PENGAMAT DALAM UPAYA PEMBINAAN NARAPIDANA DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN KLAS II A PADANG (Studi Kasus di Pengadilan Negeri Kelas IA Padang)) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (567Kb) | Preview

Abstract

Upaya Pembinaan narapidana di Lembaga Pemasyarakatan adalah bagian akhir dari satu sistem pemidanaan dalam tata peradilan pidana. Upaya pembinaan yang dilakukan Lembaga Pemasyarakatan sebagai ujung tombak pelaksana asas pengayoman, yang bertujuan bersatunya kembali Warga Binaan Pemasyarakatan dengan masyarakat, sebagai warga Negara yang baik dan bertanggung jawab, sehingga keberadaan mantan Warga Binaan di masyarakat nantinya diharapkan mau dan mampu untuk ikut membangun masyarakat dan bukan sebaliknya justru menjadi penghambat dalam pembangunan. Melihat tujuan dari Hukum Acara Pidana dapatlah kita ketahui bahwa seseorang dapat dipertanggungjawabkan secara Pidana apabila ia terbukti melakukan suatu kesalahan dan hal ini dibuktikan dengan adanya pemeriksaan dan putusan dari Pengadilan. Pelaksanaan putusan Pengadilan ini dilaksanakan oleh Jaksa dibawah pengawasan Hakim Pengawas dan Pengamat yang ditunjuk oleh Ketua Pengadilan. Adapun yang penulis jadikan perumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah pelaksanaan tugas Hakim pengawas dan Pengamat dalam upaya pembinaan narapidana di Lembaga Pemasyarakatan Klas II A Padang dan hambatan dalam pelaksanaan tugas Hakim Pengawas dan Pengamat dalam upaya pembinaan narapidana di Lembaga Pemasyarakatan Klas II A Padang. Dalam penulisan skripsi ini penelitian yang digunakan bersifat deskriptif dengan pendekatan Yuridis Sosiologis. Data yang diperoleh dengan penelitian ini adalah data primer dan data sekunder melalui studi dokumen dan wawancara. Dari hasil penelitian yang penulis lakukan, didapat kesimpulan yaitu Pelaksanaan tugas seorang Hakim Pengawas dan Pengamat belum sepenuhnya sesuai dengan apa yang dikehendaki oleh KUHAP, Surat Edaran Mahkamah Agung dan peraturan yang berlaku lainnya serta banyaknya Kendala yang terkait dengan pelaksanaan tugas Hakim Pengawas dan Pengamat baik secara system maupun teknis. Kendala tersebut bersifat internal dan ekternal. Mekanisme pelaksanaan tugas Hakim pengawas dan Pengamat sekarang ini hanya terlihat sebagai sekedar pemenuhan tugas administrasi belaka (kewajiban membuat laporan), dan belum menyentuh secara mendalam substansi peranan yang diharapkan, serta mengurangi faktor-faktor penghambat pelaksanaan tugas Hakim Pengawas dan Pengamat sehingga dapat menjalankan fungsinya sebagaimana mestinya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: K Law > K Law (General)
Unit atau Lembaga: Fakultas Hukum > Hukum
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 13 May 2011 08:29
Last Modified: 05 Oct 2011 06:09
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/10531

Actions (login required)

View Item View Item