Repository Universitas Andalas

Resistensi Pedagang Kaki Lima Terhadap Penertiban Sapol PP (studi : pedagang Kaki Lima Di pasar Raya Barat Padang)

Putri, Selvi Rahayu (2008) Resistensi Pedagang Kaki Lima Terhadap Penertiban Sapol PP (studi : pedagang Kaki Lima Di pasar Raya Barat Padang). Other thesis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

[img]
Preview
PDF (Resistensi Pedagang Kaki Lima Terhadap Penertiban Sapol PP (studi : pedagang Kaki Lima Di pasar Raya Barat Padang)) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (384Kb) | Preview

Abstract

Pedagang kaki lima merupakan salah satu bentuk dari berbagai jenis pekerjaan di sektor informal yang paling dominan dan menonjol aktivitasnya, termaluk di Kota Padang. Namun, keberadaan pedagang kaki lima tersebut justru menimbulkan berbagai persoalan karena mereka memanfaatkan fasilitas umum untuk berdagang; sehingga mengganggu ketertiban, ketentraman, kebersihan dan keindahan kota. Salah satu kebijakan pemerintah untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan melakukan penertiban terhadap pedagang kaki lima. Namun, kebijakan tersebut justru ditentang oleh pedagang sehingga setiap kali ditertibkan selalu ada resistensi dari para pedagang- Oleh sebab itrr yang me4iadi permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana resistensi pedagang'kaki limatalam menghadapi penertiban Satpol pp- Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bentuk-bentuk resistensi pgdag4ng kaki lima, mendeskripsik4n penyebab pedagang kaki lima melakukan resistensi, dan mendeskripsikan pemecahan masalah dari resistensi pedagang kaki lima terhadap penertiban Satpol PP. Penelitian ini menggrrnakan pendekatan kualitatif dengan tipe deskriptif. Infomran dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling dan dalam pengumpulan data digunakan teknik observasi.serla wawanca.ra mendalam (tidak Uort ot6g. Teori yang digunakan adalah Teori Konflik Randall Collins.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Unit atau Lembaga: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: girl 123 456
Date Deposited: 13 May 2011 08:28
Last Modified: 07 Oct 2011 08:56
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/10538

Actions (login required)

View Item View Item