Irfandi, Riky (2008) Alasan Konsumen Membeli Produk Pada Perdagangan Maya. Other thesis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.
|
PDF (Alasan Konsumen Membeli Produk Pada Perdagangan Maya)
- Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (355Kb) | Preview |
Abstract
Perkembangan teknologi telekomunikasi dan informasi dewasa ini semakin meningkat. Salah satu bentuk perkembangannyayang paling popular saat ini adalah internet. Perkembangan yang terjadi semakin hari semakin menunjukkan eksistensinya dalarn keterlekatan dengan sistirn sosial budaya masyarakat kita. Saat ini internet sudah hampir merambah seluruh belahan dunia termasuk di Indonesia sendiri iayanan intemet bukanlah suatu hal baru yang sulit ditemukan. Kemajuan teknologi berupa intemet ini memberikan kontribusi terhadap perubahan sosial masyarakat kita salah satunya dalam bidang ekonomi. Sebuah metode perdagangan baru yang memanfaatkan "dunia maya" mulai eksis dalam masyarakat. Perdagangan yang menggunakan layanan internet ini secara tidak langsung mengisolasi kontak sosial pelaku ekcnami yang ada didalanrnya, sehingga untuk membentuk sebuah "trttst" dalam perdagangan cukup sulit. Namun dari data yang ditemukan dilapangan konsumen perdagangan maya khususnya di Kota Padang menunjukkan angka yang cukup banyak. Konsumne perdagangan maya di Kota Padang juga berasal dari kelas sosial yang beragam. oleh karena itu yang menjadi pertanyaan dalam penelitian ini adalah upa y*g menjadi alasan pelanggan konsumen Kota padang membeli produk pada Perdagangan Maya. sedangkan tujua:r penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aiasan konsumen membeli produk pada perdagangan maya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data adalah observasi dan wawancara dengan menggunakan proposive sampling. Analisa data menggunakan metode deskriptif, yaitu data yang diperoleh dilapangan disusun secara sistematis dan disajikan secara deskriptif; sehingga dapat memberikan gambaran yang lebih tajam tentang fencmena yang terjadi dan akhirnya dapat memberikan kesirnpulan. Untuk melihat permasalahan ini, peneliti berpedoman pada teori fenomenologi oleh Alfred Schutz tentang motif. Jumlah informan dalam penelitian ini adalah sebelas orang. Dari penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa pertarna" konsumen terdiri dari latar belakang sosiai yang berbeda, konsumen adalah individu yang berpendidikan sarjana,berumur 20-24 tahun dan telah memahani interrret. Kedua adalah alasan konsumen membeii produk pada perdagangan maya adalah karena didcrong oleh dua faktor yaitu because mothte dan in order motive. Because motive konsumen adalah karena pernah merasakan kemudahan di dunia maya, tarif yang lebih murah dibanding toko dan faktor pelayanan terhadap konsumen. Disisi lain yang menjadi in arder mative konsumen adalah karena alasan yang didorong oleh adanya faktor kepercayaan, alasan merek sebagai brand immage, sebagai identitas dan karena alasan bonus berbelanja.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HM Sociology |
Unit atau Lembaga: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi |
Depositing User: | girl 123 456 |
Date Deposited: | 02 May 2011 03:15 |
Last Modified: | 04 Oct 2011 07:50 |
URI: | http://repository.unand.ac.id/id/eprint/10547 |
Actions (login required)
View Item |