Repository Universitas Andalas

Implementasi Program PNPM Mandiri Perdesaan Dalam Mengatasi Kemiskinan Di Kabupaten Padang Pariaman, Tahun 2007

Elvenoksy, Mia (2008) Implementasi Program PNPM Mandiri Perdesaan Dalam Mengatasi Kemiskinan Di Kabupaten Padang Pariaman, Tahun 2007. Other thesis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

[img]
Preview
PDF (Implementasi Program PNPM Mandiri Perdesaan Dalam Mengatasi Kemiskinan Di Kabupaten Padang Pariaman, Tahun 2007) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (498Kb) | Preview

Abstract

Dalam penelitian ini penulis mendeskripsikan kegiatan penambahan permodalan simpan pinjam untuk kelompok perempuan T.A 200712008. Fokus penelitian ini di Kabupaten Padang Pariaman yaitu Sungai Limau Kecamatan Sungai Limau. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beberapa hal diantaranya adalah dengan melihat kondisi masyarakat di Sungai Limau dari berbagai aspek, baik dibidang ekonomi, sosial dan politik seperti kurangnya akses melihatkan masyarakat (partisipasi) dalam pengambilan keputusan publik yang menyangkut kehidupan masyarakat secara langsung maka pemerintah Kabupaten Padang Pariaman melaksanakan PNPM Mandiri Perdesaan. Melalui program ini dinrmuskan kembali mekanisme upaya penanggulangan kemiskinan yang melibatkan unsur masyarakat, mulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan, hingga pemantauan dan evaluasi. Hal ini seiring dengan dikeluarkannya keputusan menteriKoordinatorB idangKgsej ahteraanRakyatNo2 5 A(EP/MENKO/KE SRA/VII 12007 tentang Pedoman Umum Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri Perdesaan. Dalam penelitian ini, penulis menggr.rnakan pendekatan kualitatif dengan tipe deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan dckumentasi. Sementara teknik keabsahan data yang digunakan peneliti memakai proses triangulasi sumber data. Femilitran informan dilakukan dengan tehqik purposive sampling. Penelitia:r ini mengacu pada tean Implementasi Grindle. Aspek yang tlilihat dari kekuasaan, kepcntingaur, dam stratcgi aLlcr yang terlibat, karakteristik lembaga dan penguasa, serta kepatuhan dan daya tanggap masyarakat. Penelitian ini akan meneliti tentang Implementasi kegiatan penambahan permodalan simpan pinjam untuk kelornpok perempuan (SPP) T.A 200712008 di Sungai Lirnau Kecamatan Sungai Limau yang kurang baik jika dibandingkan dengan kecamatan- kecamatan lainnya di Kabupaten Padang Pariaman. Implementasi kegiatan penambahan permodalan simpan pinjam untuk kelompok perempuan (SPP) T.A 2007/2008 di Sungai Limau Kecamatan Sungai Lima-u berlangsting baik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
Unit atau Lembaga: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Depositing User: girl 123 456
Date Deposited: 13 May 2011 08:15
Last Modified: 03 Oct 2011 09:36
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/10562

Actions (login required)

View Item View Item