Repository Universitas Andalas

Pengedaran Ganja di Nagari Pagaruyung (Studi Kasus: Lima Pemuda Pengedar Ganja di Nagari Pagaruyung Kec. Tanjung Emas Kab. Tanah Datar)

HANAFI, ANDRI (2008) Pengedaran Ganja di Nagari Pagaruyung (Studi Kasus: Lima Pemuda Pengedar Ganja di Nagari Pagaruyung Kec. Tanjung Emas Kab. Tanah Datar). Other thesis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

[img]
Preview
PDF (Pengedaran Ganja di Nagari Pagaruyung (Studi Kasus: Lima Pemuda Pengedar Ganja di Nagari Pagaruyung Kec. Tanjung Emas Kab. Tanah Datar)) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (396Kb) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas tentang pengedaran ganja di nagari pagaruyung, berdasarkan pengamatan penulis ditambah dengan informasi masyarakat, di ketahui bahwa telah banyak pemuda nagari pagaruyung yang melakukan pengedaran ganja seperti terang-terangan, maka pembahasan penelitian ini difokuskan kepada pengedaran ganja di nagari pagaruyung. Sedangakan aktor-aktor yang terlibat yakni pemuda yang mengenal adat basandi sarak, sarak basandi kita bulloh. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggambarkan latar belakang keluarga dan pemuda pengedar ganja, proses pengedaran ser0a srtategi yang di terapkan dalam proses pengedarannya tersebut dan bagai mana alasan para pengedar tersebut mengunakan strategi tersebut. Penilaian tentang pemberantasan narkoba dan kebijakan pemerintah nagri pagaruyung. Teori yang di gunakan dalam melihat fenomena ini bertumpu pada teori Interaksionis Simbolik-nya Blumer dan G, Herbet Mead. Tipe penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan cara observasi dan wawancara. Untuk pemilihan informan digunakan teknik purposive sampling dan menganalisa data dengan analisis kualitatif. Hasil penelitian ini terungkap bahya pemuda yang mengedarkan ganja tersebut telah mengenal narkoba sejak duduk di bangku SLTP dan SLTA. Setelah penganguran segala macrlm kebebasan yang di peroleh infonnan tersebut menjadikan para informan masuk kedalam salah satu kelompok pengedar. Proses interaksi yang di jalani informan selama penganguran membentuk pola pikir dan prilaku semakin berkembang dalam masalah yang berhubungan dengan ganja. Dengan banyaknya permintaan dan juga melihat peluang pasar yang cukup besar , membuat informan cukup rasional untuk mengambil kebijakan untuk menjual ganja di nagari pagaruyung. Pengedaran dan peredarannya juga melalui sebuah jaringan yang terbettrk dengan proses tersendiri. Jaringan pengedar dinagari pagaruyung merupakan jaringan sosial yang terbenfuk melalui proses interaksi antara para aklor dengan aktor lainnya yang sama-sama bergelut dalam bidang ini. Para informan mempqnyai srtategi tersendiri dalam proses pengedaranya. Strategi ini guna menjaga agar tidak terjerat kedalam buih serta meryaga para pelanggan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Unit atau Lembaga: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: girl 123 456
Date Deposited: 13 May 2011 08:14
Last Modified: 04 Oct 2011 03:11
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/10574

Actions (login required)

View Item View Item