Repository Universitas Andalas

THE REPRESENTATION OF CULTURAL DISCOURSES OF H.G.WELLS'S "THE WAR OF THE WORLDS" A NEW HISTORICIST PERSPECTIVE

Putra, Nugraha Dian (2008) THE REPRESENTATION OF CULTURAL DISCOURSES OF H.G.WELLS'S "THE WAR OF THE WORLDS" A NEW HISTORICIST PERSPECTIVE. Other thesis, Fakultas Sastra.

[img]
Preview
PDF (THE REPRESENTATION OF CULTURAL DISCOURSES OF H.G.WELLS'S "THE WAR OF THE WORLDS" A NEW HISTORICIST PERSPECTIVE) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (437Kb) | Preview

Abstract

Skripsi ini mengupas bentuk-bentuk diskursus pada novel karya Herbert George Wells "The War of the Worlds ". Novel ini menceritakan tentang invasi alien dari planet Mars yang disebut the Martians atas planet bumi yang dihuni oleh manusia. Penulis melihat bahwa dalam novel ini terdapat berbagai isu terkait dengan sejarah budaya, politik, sosial dan ekonomi. Tujuan penelitian ini adalah menunjukkan bagaimana bentuk wacana/discourse tentang invasi dan pertahanan hidup serta teks- teks yang saling terkait satu sama lain membentuk The War of the Worlds. Dalam membahas karya sastra tersebut, penulis menggunakan teori pembacaan pararel atau discursive formations yang dikembangkan oleh Michel Foucault melalui pendekatan 'New Historicism'. New Historicism berpendapat bahwa dalam sebuah analisa wacana karya sastra, terdapat formasi wacana yang terintegrasi didalam karya sastra tersebut. Bahwa makna karya sastra merupakan kepaduan makna antara satu wacana dengan wacana lainnya. Dalam menyampaikan hasil penelitiannya, penulis menerapkan metode penjabaran data/deskriptif yang kualitatif dengan temuan yang dianggap mampu mewakili semua aspek dalam karya ini. Dari hasil analisa disimpulkan bahwa The War of the Worlds menampilkan diskursus/wacana perang yang merupakan sindiran tajam Wells terhadap imperialisme Inggris atas negara koloninya yang merupakan ketakutan besar masyarakat pada masa itu atas perang dan invasi antar negara, serta kecemasan masyarakat akan kebenaran teori evolusi Darwin tentang pertahanan hidup yang terangkum dalam'survival of the fittest'.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Unit atau Lembaga: Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Inggris
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 13 May 2011 08:13
Last Modified: 11 Oct 2011 03:57
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/10586

Actions (login required)

View Item View Item